Kisah di Balik Foto, ‘Fotografi Tidak Hanya Seni Motret, Tapi Juga Membangun Relasi Sosial’

Infokampus.news, Malang – Fotografi merupakan salah satu seni yang cukuo digandrungi anak muda di era sekarang, terlebih jika memang ada bakat untuk memotret dengan apik. Noval Arifudin, salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang karyanya ditampilkan dalam Pameran Foto Urip-Urip mengaku melihat sisi berbeda dari fotografi ini sendiri.

“Jadi fotografer itu tidak asal motret saja. Bersinggungan langsung dengan orang itu salah satu bentuk seni lalu kita harus bisa mengisahkan apa yg terjadi di balik foto,” ujarnya pada tim infokampus.news.

Hasil karya fotonya yaitu memotret kehidupan pengrajin manik-manik yang tinggal di Nggudo, Kabupaten Jombang. Ia mengaku tertarik karena lika-liku usaha si Pengrajinyang cukup rumit bisa ia hadapi dengan tabah dan lapang.

“Jadi si pembuat ini mulai dari tahun 1986 dan awalnya tidak niat membuat manik-manik. Awal usahanya adalah pengrajin botol dan mengambil bahan dari orang lain, tapi sering dimonopoli sm anak buahnya ahirnya bangkrut. Lalu dia pindah ke Samarinda dan memulai usaha ini lagi,” tuturnya.

Pendekatan Khusus Dengan ‘obyek’ Yang dianggap Teman

Awalnya ia mengaku hanya ingin bersilaturahmi saja dan memulai membangun relasi, namun lama-kelamaan ia menjadi akrab. Hingga berujung pada ‘obyek’ pengambilan foto, hingga jalinan kedekatan mereka justru semakin baik.

“Dikit-dikit sering main ahirnya dekat dan sampai saya bertamu ke rumahnya, kan biasanya hanya di workshopnya ya,” imbuhnya senang.

Hingga saat foto yang dicetak telah terpajang dan dilihat banyak orang, ia rela membuat cetakan lebih dan mengirimkannya pada si ‘kawan’.

“Sampai undangan pameran ini jug a saya kirim ke Jombang beserta hasil foto saya kasih, alhamdulillah orangnya juga senang dan antusias,” pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

  • Salah satu anggota tim dari pameran Fotografi 'Lihat Malang' yang digelar di Universitas Negeri Malang atau UM hari ini, Ari Gunawan mahasiswa semester 3 jurusan Tekhnologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan ini berbagi kisahnya saat proses persiapan pencarian bahan pameran kelompoknya. Ia menceritakan kisahnya sekaligus pengalaman yang ia dapat jadikan pelajaran dalam proses 'penggarapan' tema dalam waktu yang cukup singkat ini.
  • Prodi ilmu komunikasi 2016 Universitas Muhammadiyah Malang tengah menggelar pameran foto yang berahir hari ini (23/12). Pameran foto dengan tema profesi dan bagaimana lika liku kehidupan mereka menghadapi profesi yang ditekuni.

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekonstruksi Negara? Adakah Penyimpangan Hingga Harus Direkonstruksi?

Ketua License Social Worker (LSW) Indonesia, Abdul Aziz, M.Pd ditemui dalam acara kuliah tamu yang digelar Universitas Merdeka Malang (UNMER)...

Close