KKN-DIK UMS Turun Tangan dan Dirikan Sekolah Darurat di Lombok

Infokampus.news – Bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) memberikan keresahan yang cukup besar terhadap masyarakat. Bersamaan dengan berlangsungnya kegiatan KKN-DIK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKIP UMS) tebar manfaat kemanusiaan dan dirikan sekolah darurat di Lombok.

Sebanyak 22 mahasiswa sedang melakukan KKN-DIK UMS di Lombok Nusa Tenggara Barat, menurutnya KKN-DIK itu ditujukan untuk membangun karakter dan softskill bagi mahasiswa, sehingga permasalahan yang ada di Lombok, khususnya di kota Mataram sekarang merupakan waktu yang tepat bagi mereka untuk mereka mengabdi kepada Masyarakat.

Meski berani mengambil keputusan untuk tidak menarik kembali mahasiswa yang ada disana, UMS juga memberikan kelonggaran pada mahasiswa yang ingin dipulangkan, dari 23 mahasiswa yang ada hanya 1 yang dipulangkan karena permintaan dari orangtuanya yang menginginkan anaknya untuk di pulangkan dari Lombok.

Rustam Affandi salah satu mahasiswa dari Prodi pendidikan Geografi FKIP UMS yang masih bertahan untuk melaksanakan KKN-DIK disana turut menjelaskan bahwa kondisi mereka disana baik-baik saja dan dia juga membenarkan bahwa memang ada mahasiswa yang dipulangkan dan pindah tugas di Solo raya.

Dia juga sempat memberikan keterangan bahwa kegiatan magang mereka selama 1 minggu ini di jeda. Kegiatan magang KKN-DIK disekolahan selanjutnya diganti dengan membantu MDMC dalam hal logistik. “Untuk sementara ini selama 1 minggu kegiatan magang itu di jeda. Jadi di seluruh sekolah-sekolah diliburkan. Kita di posko itu membantu logistik MDMC, seperti menerima bantuan-bantuan. Kemarin itu kami juga sudah sempat ke sekolah itu kita bersih-bersih sekolahan,” terangnya.

Setelah relawan mendirikan posko korban bencana gempa bumi yang melayani pelayanan medis selama 24 jam, dilanjut proses pembersihan puing-puing rumah korban, kali ini geabungan Relawan yang lebih memilih mendirikan posko didaerah terpencil tersebut mukai menggerakan kembali kehiduoan masyarakat disektor pendidikan.

Dengan didirikannya Sekolah darurat bagi anak-anak setempat, terlihat senyuman manis dari anak-anak setempat yang sudah merindukan bangku sekolah, setelah mereka libur sekolah karena bangunan sekolah roboh dan masyarakat mengalami trauma yang dahsyat. “Sekolah Darurat Muhammadiyah Mentaria Cendekia” itulah nama sekolah yang relawan utusan UMS tersebut rintis untuk tetap menumbuhkan semangat belajar anak-anak.

Sederhana, namun penuh makna. Belajar tanpa alat tulis, karena saat gempa teejadi, anak-anak tidak sempat menyelamatkan alat tulisnya. Sekarang ini, melalui Sekolah Darurat Muhammadiyah Cendekia mencari keceriaan bersama teman sebayanya, menjadi penghibur diri sebagai pengganti alat mainan anak. Sudah ada 25 siswa atau siswii yang dikelola relawan dari Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news – Minggu (12/8) KKN tim II Universitas Diponegoro  Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan menggelar Expo UMKM yang dirangkai dengan kegiatan jalan sehat bersama warga. Uniknya, mahasiswa Undip memperlihatkan inovasi baru dari hasil agraria berupa jagung yang di sulap menjadi susu. Digelar di Kantor Kecamatan Wirosari, EXPO ini memamerkan berbagai potensi unggulan dari 12 desa KKN yaitu Dapurno, Dakoro, Tambakselo, Mojorebo, Kalirejo,Kropak, Karangasem, Tanjungrejo, Tambakrejo, Sambirejo, Gedangan dan Tegalrejo. Koordinator KKN…
  • Infokampus.news – Mahasiswa KKN Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) mengadakan penyuluhan kopi dan kakao di Dusun Kampung Baru Desa Ringinkembar kec. Sumbermanjing Wetan Kabuoaten Malang Selasa (07/08) lalu. Rangkaian kegiatan ini di mulai dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh M. Basofi dan Vicky Effendi yang memilki komunitas kopi di Jombang dan bergerak di bdiang pengolahan kopi hingga pemasaran, Hal ini mereka lakukan sejak tahun 2015 hingga sekarang. Kegiatan ini diikuti oleh 25…
  • Infokampus.news – KKN gelombang kedua telah resmi dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jember yakni Dr. Ir. M. Hazmi DESS., di Aula Zaenuri (17/7).  Dalam sambutannya mahasiswa KKN Tematik UM Jember diharapkan bisa membantu masyarakat melalui media literasi. Dalam pembukaannya Rektor UM Jember menyampaikan bahwa beliau ingin mendengar suara AMM (Angkatan Muda Muhammadiyah) untuk di terjunkan di desa-desa yang ada di Purbalingga. Suara itu berupa potensi dan spirit untuk membangun pradaban,…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Kerjasama Penelitian Science and Technology Research Partnership for Sustainable Development (PROGRAM SATREPS) 2018 – 2019

Infokampus.news - Penelitian adalah hal yang tidak bisa lepas dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Bagi Sobat FoKus yang gemar bergelut

Close