KKN kelompok 12 UMM berikan Workshop Budidaya ikan lele untuk Masyarakat Wonorejo

Infokampus.news, Malang –  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 12 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan Workshop Budidaya ikan lele dan hasil pertanian untuk masyarakat desa Wonojero, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang (29/7).

Acara Workshop ini diselenggarakan di Balai desa Wonorejo dan dihadiri oleh Perangkat Desa, Karang Taruna, Ibu-Ibu PKK, dan masyarakat Desa Wonorejo. Dalam acara tersebut, tamu undangan tidak hanya mendapatkan seminar mengenai budidaya lele dan pemasaran online. Mereka juga mendapatkan praktek mengenai alat pakan otomatis dan produk makanan dari ikan lele secara langsung oleh A. Yahya selaku pemateri.

penyerahan alat pakan otomatis kepada Karang Taruna
penyerahan alat pakan otomatis kepada Karang Taruna

Workshop ini mengangkat Pemberdayaan masyarakat lokal melalui budidaya, pengelolaan, dan pemasaran produk lele dan hasil pertanian sebagai tema.

M. Bagus Mukmin selaku Sekertaris Desa mengatakan “Dengan adanya kegiatan workshop seperti ini diharapkan mampu menjadi pemicu semangat untuk warga desa Wonorejo dan nantinya bisa menjadi ciri khas dari desa Wonorejo.

menurutnya desa Wonorejo memiliki sumber daya air yang tergolong melimpah sehingga dianggap mampu untuk menjadi tempat budidaya lele dan mampu mengembangkan potensi yang ada di desa Wonorejo” lanjutnya.

Baca Juga :  Unisma Pelopori Destinasi Wisata Halal Kota Malang Lewat Bimtek SJH
Penyerahan 5000 bibit ikan lele kepada karang taruna.
Penyerahan 5000 bibit ikan lele kepada karang taruna.

Drs. Moh. Jufri, S.T., M.T selaku Desen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 12 mengapreasiasi Acara yang dilakukan mahasiswanya. Menurutnya acara ini sangat bermanfaat dan mampu mengembangkan potensi yang ada di desa Wonorejo.

Warga desa Wonorejo antusias mengikuti serangkaian acara workshop ini. Karena meskipun banyak warga desa yang mencoba untuk budidaya lele namun sangat jarang ada forum-forum diskusi bersama yang membahas mengenai budidaya dan olahan produk dari ikan lele.

 

        praktik membuat olahan dari ikan lele

Bayu Dwi Raharja selaku ketua pelaksana dari acara ini mengharapakan setelah adanya acara ini masyarakat desa Wonorejo mampu mandiri dalam pengolahan budidaya ikan lele dari mulai pembibitan sampai penjualan produk hasil olahan.
Nur Afifah.

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *