KKN Mahasiswa Unikama Bekali Siswa Mitigasi Bencana Alam

Infokampus.news – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) di desa Tlogosari kecamatan Tirtoyudi kembali melaksanakan program kerja (proker) unggulan. Kali ini mahasiswa KKN UNIKAMA bekali siswa mitigasi bencana alam.

Program kerja kali ini yaitu sosialisasi dan simulasi bencana alam atau yang biasa disebut mitigasi bencana alam. Kegiatan yang digawangi kelompok tiga peserta KKN ini bekerja sama dengan SMP PGRI 02 Tirtoyudo.

“Mitigasi ini merupakan perencanaan atau upaya yang dilakukan untuk mengurangi resiko bencana melalui penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana” Ungkap Felixius Melki Selaku Ketua Pelaksana.

Melki menambahkan misi dari kegiataan ini untuk membangun kesiapsiagaan dini pada lingkungan sekolah, sehingga ketika nanti terjadi bencana mereka sudah memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara berlindung dan menyelamatkan diri.

Kegiatan yang dilakukan pada 4 Agustus 2018 lalu diikuti 78 siswa-siswi serta para pengajar yang beranggotakan sepuluh orang. Tidak hanya kelompok tiga saja yang menjadi panitia dari kegiatan ini, kelompok satu dan dua ikut membantu daan mensukseskan kegiatan ini.

Total panitia gabungan berjumlah 34 orang dibagi menjadi lima tim, diantaranya tim peringatan dini, tim pertolongan pertama, tim penyelamatan dan evakuasi, tim logistik, dan tim asesmen. Sebelum memulai simulasi bencana alam, peserta diberikan sosialisasi oleh panitia di dalam kelas.sosialisasi yang diberikan seputar macam-macam bencana, penyebab dan bagaimana cara menyelamatkan diri saat terjadi bencana.

Kegiatan simulasi bencana dimulai saat sirine dan bel sekolah dinyalakan. Dengan contak, peserta yang telah dibekali materi sebelumnya langsung diajak untuk mempraktekkan apa yang baru mereka dapat.

Menurut penuturan Reni yang duduk kelas 8 yang berasal dari desa setempat mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat.  “ya seneng mbak, soalnya aku jadi tau bagaimana cara menyelamatkan diri kalau ada gempa bumi.”

Selaras dengan Sugeng Hariadi (56) selaku kepala sekolah SMP PGRI 02 Tirtoyudo berpendapat bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa karena kegiatan ini baru pertama kali diadakan dan sekolah mendapat kesempatan menjadi peserta untuk sosialisasi dan simulasi bencana. Harapannya dengan adanya kegiatan ini semoga bisa memberi pengalaman bagi siswa jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. (Jul)

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
STIE PERBANAS BAGI BEASISWA
STIE Perbanas Bagi-Bagi Beasiswa untuk Mahasiswa Baru 2018

Infokampus.news – STIE Perbanas Surabaya menyiapkan anggaran beasiswa khusus untuk mahasiswa baru ajaran 2018-2019. Nantinya beasiswa diberikan kepada 31 mahasiswa

Close