KKN PPM UAD – Kemenristekdikti Gelar Produk Olah Limbah

Infokampus.newsRangkaian Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kemenrsitekdikti Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarata selama satu bulan, diakhiri dengan mengadakan gelar produk bernilai dari limbah dan  seminar kewirausahaan pada sabtu (25/8).

Serangkaian kegiatan ini dilakukan di Kantor Desa Sinduharjo, Ngaglik, Sleman. Seminar kali ini mendatangkan pembicara Sarjudi dengan tajuk mengolah limbah menjadi cascing melalui beternak cacing dan pemateri kedua yakni Dr. Surahma Asti Mulasari dengan materi pengolahan limbah dan sampah menjadi briket bioarang.

Permasalahan yang dihadapi oleh desa Sinduharjo adalah limbah eprtanian dan peternakan yang tidak dikelola dengan baik, dibuang begitu saja hingga membusuk, menimbulkan bau dan pencemaran di lingkungan sekitar. Limbah pertanian hanya dibakar dan menyebabkan pencemaran lingkungan. Disamping itu pengelolaan ternak juga belum bagus karena masih banyak ternak yang dikandangkan di dekat rumah yang kotorannya dapat tersebar dan mencemari lingkungan rumah.

Pada seminar dan gelar produk, masyarakat bersama mahasiswa KKPN-PPM UAD menampilkan produk-produk hasil olahan limbah eprtanian dan limbah peternakan menjadi briket, Bokashi cair, Bokashi padat, silase, pupuk cascing, dan biogas. Selain itu produk lain yang dihasilkan adalah luberta sirup yang berasal dari cacing, masker arang wajah, kapsul cacing dan jus cacing yang dapat berkhasiat sebagai obat tifus.

Baca Juga :  Seleksi Mandiri UM, Buka Jalur Tes Berbasis Komputer TMBK

Dr. Fatwa Tentama, M.Si selaku dosen pembimbing lapangan sekaligus ketua hibah KKN-PPM Dikti mengatakan, “Program dan seminar ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat setempat dalam berwirausaha sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat petani dan peternak untuk dapat memanfaatkan limbah pertanian dan peternakan menjadi produk yang memiliki nilai jual.”

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor III UAD Dr. Abdul Fadhil, M.T., Kepala LPPM UAD Dr. Widodo, M.Si,. Kepala Desa Sinduharjo, para kepala dusun, perangkat-perangkat Desa Sinduharjo serta tamu undangan dari berbagai dusun di Desa Sinduharjo. Harapannya kegiiatan semacam ini dapat ditindaklanjuti dengan pendampingan dan kerja sama dengan berbagai pihak agar dapat berkembang menjadi unit usaha untuk kesejahteraan masayarakat sekitar. (Jul)

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *