KKN PPM UAD – Kemenristekdikti Gelar Produk Olah Limbah

Infokampus.newsRangkaian Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kemenrsitekdikti Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarata selama satu bulan, diakhiri dengan mengadakan gelar produk bernilai dari limbah dan  seminar kewirausahaan pada sabtu (25/8).

Serangkaian kegiatan ini dilakukan di Kantor Desa Sinduharjo, Ngaglik, Sleman. Seminar kali ini mendatangkan pembicara Sarjudi dengan tajuk mengolah limbah menjadi cascing melalui beternak cacing dan pemateri kedua yakni Dr. Surahma Asti Mulasari dengan materi pengolahan limbah dan sampah menjadi briket bioarang.

Permasalahan yang dihadapi oleh desa Sinduharjo adalah limbah eprtanian dan peternakan yang tidak dikelola dengan baik, dibuang begitu saja hingga membusuk, menimbulkan bau dan pencemaran di lingkungan sekitar. Limbah pertanian hanya dibakar dan menyebabkan pencemaran lingkungan. Disamping itu pengelolaan ternak juga belum bagus karena masih banyak ternak yang dikandangkan di dekat rumah yang kotorannya dapat tersebar dan mencemari lingkungan rumah.

Pada seminar dan gelar produk, masyarakat bersama mahasiswa KKPN-PPM UAD menampilkan produk-produk hasil olahan limbah eprtanian dan limbah peternakan menjadi briket, Bokashi cair, Bokashi padat, silase, pupuk cascing, dan biogas. Selain itu produk lain yang dihasilkan adalah luberta sirup yang berasal dari cacing, masker arang wajah, kapsul cacing dan jus cacing yang dapat berkhasiat sebagai obat tifus.

Dr. Fatwa Tentama, M.Si selaku dosen pembimbing lapangan sekaligus ketua hibah KKN-PPM Dikti mengatakan, “Program dan seminar ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat setempat dalam berwirausaha sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat petani dan peternak untuk dapat memanfaatkan limbah pertanian dan peternakan menjadi produk yang memiliki nilai jual.”

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor III UAD Dr. Abdul Fadhil, M.T., Kepala LPPM UAD Dr. Widodo, M.Si,. Kepala Desa Sinduharjo, para kepala dusun, perangkat-perangkat Desa Sinduharjo serta tamu undangan dari berbagai dusun di Desa Sinduharjo. Harapannya kegiiatan semacam ini dapat ditindaklanjuti dengan pendampingan dan kerja sama dengan berbagai pihak agar dapat berkembang menjadi unit usaha untuk kesejahteraan masayarakat sekitar. (Jul)

 

Berita Terkait

  • Infokampus.news – Kegiatan Kuliah kerja nyata atau sering disebut dengan istilah KKN merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Kali ini tim kkn Universitas Mercu Buana Yogyakarta memberikan Psikoedukasi dan Cek Kesehatan Gratis di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta merupakan salah satu universitas yang memberikan inovasi kegiatan KKN bagi kelas karyawan dengan mengusung KKN tematik, sebab kegiatan kuliah kerja nyata mahasiswa bukan ditempatkan…
  • Infokampus.news – Mahasiswa KKN Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) melaksanakan penyuluhan Pembuatan Pupuk Bahagia di Desa Ringinkembar Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang Selasa (21/8). Dalam kesempatan ini mahasiswa KKN Unikama berhasil buat pupuk dengan nama Pupuk Bahagia. Kegiatan penyuluhan pupuk bahagia ini dilakukan bersama ibu-ibu PKK dan masyarakat Argosari, Kampung Baru, Kepala Desa beserta perangkatnya, Ketua Dusun Argosari dan Kampung Baru beserta perangkat desa.  disertai dengan tanya di  jawab Dusun Kampung…
  • Infokampus.news – Bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) memberikan keresahan yang cukup besar terhadap masyarakat. Bersamaan dengan berlangsungnya kegiatan KKN-DIK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKIP UMS) tebar manfaat kemanusiaan dan dirikan sekolah darurat di Lombok. Sebanyak 22 mahasiswa sedang melakukan KKN-DIK UMS di Lombok Nusa Tenggara Barat, menurutnya KKN-DIK itu ditujukan untuk membangun karakter dan softskill bagi mahasiswa, sehingga permasalahan yang…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Psikoedukasi dan cek kesehatan
KKN UMBY Beri Psikoedukasi dan Cek Kesehatan di Pasar Beringharjo

Infokampus.news – Kegiatan Kuliah kerja nyata atau sering disebut dengan istilah KKN merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat

Close