KKN, Saatnya Mahasiswa Berinovasi untuk Warga

Infokampus.news – Selain magang di perusahaan, kuliah kerja nyata (KKN) menjadi suatu proses yang akan dijalani mahasiswa selama kuliah. Selama KKN, mahasiswa akan terjun langsung ke tengah masyarakat dan berinovasi untuk warga dengan tujuan mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan di kelas.

Bagi Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof Tri Hanggono Achmad, KKN harus dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk melahirkan produk inovasi dan kreativitas yang berpotensi berkelanjutan bagi masyarakat. Dia pun tak segan memberi apresiasi kepada mahasiswa yang berhasil melakukan hal tersebut.

“Ini kesempatan baik untuk mengoptimalkan keilmuan yang sudah dipelajari di perguruan tinggi untuk dapat diterapkan di daerah atau masyarakat,” ujarnya disitat dari laman Unpad, Jumat (6/1/2017).

Tri Hanggono menjelaskan, dosen pembimbing lapangan dan mahasiswa peserta KKN perlu saling berkomunikasi dalam membuat program di desa. Pola integratif, lanjut dia, diperlukan sehingga bukan sekadar kegiatan membimbing, tetapi juga mampu melihat berbagai tantangan untuk dapat dibicarakan, dikaji, dan dicarikan solusinya.

“Dengan identifikasi, maka diyakini program tersebut dapat berjalan secara berkesinambungan. Kegiatan ini pun menjadi peluang melahirkan interaksi antarbidang ilmu,” paparnya.

KKN menjadi bukti bahwa perguruan tinggi benar-benar ada dan hadir untuk membantu menyejahterakan dan memberdayakan masyarakat. Pada kegiatan KKN di sejumlah kabupaten, Unpad sendiri akan mengirim 2.954 mahasiswa dan 60 dosen pendamping lapangan (DPL), yang terdiri atas 42 profesor dan 18 dosen bergelar doktor.

“Ini sesuai dengan implementasi program Profesor Masuk Desa sehingga kita sertakan para guru besar sebagai DPL,” tukasnya. (FAM)

 

Sumber: Unpad

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kampus Ini Gagas Sekolah Siaga bagi Warga

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB saat ini tengah menggiatkan program Sekolah Siaga.

Close