Cegah Penyakit Anggota Gerak Pada Lansia, Mahasiswa KKN UMM Adakan Cek Kesehatan Gratis

Infokampus.news – Sejumlah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Malang (KKN UMM) Kelompok 103 mengadakan serangkaian kegiatan kesehatan di antaranya cek kesehatan gratis, senam lansia dan penyuluhan Penyakit Anggota Gerak di desa Pagersari, Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.

Pada acara tersebut mahasiswa KKN UMM menggandeng beberapa elemen seperti bidan dan mantri desa serta para ibu kader posyandu demi mendukung serangkaian kegiatan tersebut. Di bawah bimbingan Ibu Tutu April Ariani, S.Kep., M.Kes. selaku dosen pembimbing lapangan, para mahasiswa kelompok 103 UMM memberikan pengetahuan tentang pencegahan penyakit anggota gerak  serta juga mempraktekannya langsung melalui senam lansia bersama.

Karimah Pertama, mahasiswa Fakultas Kedokteran selaku ketua kegiatan tersebut mengungkapkan, senam lansia merupakan salah satu cara terapi pencegahan anggota gerak yang cukup mudah dilakukan untuk lansia. Oleh karena itulah dengan serangkaian kegiatan yang telah diadakan dalam KKN UMM ini, dengan harapan dapat membantu masyarakat untuk dapat melakukan pertolongan dini jika mempunyai gejala pada penyakit anggota gerak. Hal ini dikarenakan para lansia di Desa Pagersari masih melakukan banyak aktivitas di usia senjanya.

Baca Juga :  Lakukan Studi Banding, STKIP PGRI Tulungagung Belajar SPADA di Unikama

Kegiatan yang dilakukan pada Senin (30/7) ini diakhiri dengan adanya sesi tanya jawab pada penyuluhan penyakit anggota gerak yang disampaikan oleh Nungki Marlian, S.ST, Ft., M.Kes. selaku dosen Fisioterapi UMM. (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *