Gunakan Board Game Monopoli, KKN Unikama Ajak Bermain Sambil Belajar

Infokampus.news – Para guru di Desa Wadung Kecamatan Pakisaji mendapat pelatihan Pemanfaatan Permainan untuk Pengembangan Karakter dalam Pembelajaran Bagi Guru dari mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) yang sedang bertugas dalam program KKN Unikama di kawasan itu, Sabtu (4/8).

“Pemanfaatan Permainan untuk Pengembangan Karakter dalam Pembelajaran Bagi Guru sangat dibutuhkan, penggunaan media permainan tidak terlepas dari pendidikan karakter yang sengaja dilakukan untuk mengajak anak itu supaya memahami, dan mengaplikasian nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar dosen pembimbing lapangan Unikama Dra. Rahaju, S.Pd., M.Pd.

Program Pelatihan tersebut diikuti oleh 25 guru dari sekolah RA Nurul Hidayah, RA Bustanul Ulum, SD Negeri Wadung, MI Bustanul Ulum, MINU Wadung, dan MTs Bustanul Ulum yang diadakan di Balai Desa Wadung. Pelatihan tersebut dilaksanakan dalam rangka memfasilitasi tenaga pendidik untuk mengkaji, mengembangkan, serta menerapkan ilmu pengetahuan. Ketua kelompok 3 Nurul Huda dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi dan berterimakasih kepada kepala desa dan para guru yang sudah hadir dalam program pelatihan tersebut.

Menurut pemateri Dra. Rahaju, S.Pd., M.Pd. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan peran guru terutama dalam merancang sistem pembelajaran, pendekatan dan metode permainan. Upaya yang dilakukan adalah diperlukan kreativitas guru dalam pembelajaran dengan pemanfaatan permainan, sehingga tercapai sasaran yang diharapkan.

Selanjutnya, pemateri dari pukul 10.00 pagi tampak sangat antusias menyampaikan materi, sehingga peserta juga memberikan respon yang sama. Kegiatan pelatihan tidak hanya sebatas pada penyampaian materi, tetapi peserta dan mahasiswa KKN Unikama diajak mempraktikkan secara langsung penggunaan permainan monopoli Indonesia.

“Pada setiap sudut petak monopoli yang berukuran 5×5 m itu ada kotak bernama Aku Anak Indonesia yang berisi perintah atau pertanyaan mengenai pengetahuan daerah di Indonesia,” ujar Dosen Pembimbing Lapangan Dra. Rahaju, S.Pd., M.Pd.

Dalam pelatihan tersebut pemateri Dra. Rahaju, S.Pd., M.Pd. beserta mahasiswa KKN Unikama Kelompok 3 mengenalkan metode pembelajaran matematika menggunakan permainan monopoli, permainan monopoli Indonesia digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika, bisa juga untuk menyelesaikan masalah pelajaran yang lain seperti IPS, IPA, Bahasa Indonesia, dan lain-lain bergantung soalnya. Permainan dimulai dengan pemain melempar dadu, melangkah di atas papan permainan, dan meletakan bidak pada petak. Pemain mengambil dan membacakan soal pada kartu, kemudian berdiskusi. Jika jawaban benar, pemain mendapat modal tambahan dan berhak membeli properti. Jika jawaban salah, kelompok lain dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Pada penutup acara pelaksanaan pelatihan tersebut, mahasiswa KKN Unikama mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan yang telah bekerja sama.  (him)

Berita Terkait

  • Infokampus.news – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) di desa Tlogosari kecamatan Tirtoyudi kembali melaksanakan program kerja (proker) unggulan. Kali ini mahasiswa KKN UNIKAMA bekali siswa mitigasi bencana alam. Program kerja kali ini yaitu sosialisasi dan simulasi bencana alam atau yang biasa disebut mitigasi bencana alam. Kegiatan yang digawangi kelompok tiga peserta KKN ini bekerja sama dengan SMP PGRI 02 Tirtoyudo. “Mitigasi ini merupakan perencanaan atau upaya…
  • Menyikapi arus globalisasi yang ditandai cepetnya perkembangan teknologi membuat mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) bertindak cepat dan preventif.
  • Infokampus.news, Malang - Total sebanyak 22 mahasiswa program PPG Prajabatan (Program Pendidikan Guru Prajabatan) bersubsidi 2018/2019 hari ini (2/8) mulai melakukan orientasi akademik. Kegiatan ini berlangsung hingga tanggal 4 Agustus mendatang di Universitas Kanjuruhan Malang. Dalam acara yang digelar di ruang rapat Abdoel Rajab ini, ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dr. Sudiyono M.Pd. mengajarkan teknik pengambilan nilai saat nanti mereka telah menjadi guru. Menurutnya, pengambilan nilai dengan sistem konvensional…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
KKN Tematik Bela Negara
Mahasiswa UPN Veteran Jatim Tunaikan Tugas KKN Tematik Bela Negara

Infokampus.news – Implementasi tridharma Perguruan Tinggi dibidang pengabdian kepada masyarakat terus dilakukan oleh UPN Veteran Jawa Timur. Sebanyak 256 mahasiswa

Close