KKN UNIKAMA, Beri Penyuluhan Olah Kopi dan Kakao Di Kabupaten Malang

Infokampus.news – Mahasiswa KKN Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) mengadakan penyuluhan kopi dan kakao di Dusun Kampung Baru Desa Ringinkembar kec. Sumbermanjing Wetan Kabuoaten Malang Selasa (07/08) lalu. Rangkaian kegiatan ini di mulai dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh M. Basofi dan Vicky Effendi yang memilki komunitas kopi di Jombang dan bergerak di bdiang pengolahan kopi hingga pemasaran, Hal ini mereka lakukan sejak tahun 2015 hingga sekarang.

Kegiatan ini diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari gabungan kelompok Tani (GAPOKTAN), perwakilan kepala desa, kepala dusun, serta perkumpulan ibu-ibu PKK yang berlangsung dari pukul 09.00-12.00 WIB. Banyak pengalaman yang mereka dapatkan melalui komunitas kopi, sehingga melalui penyuluhan ini mereka berkesempatan untuk berbagi informasi serta pengalaman yang di dapat dengan menjelaskan mengenai penanaman, perawatan, pengemasan hingga pemasaran kopi dan kako.

Seluruh peserta yang hadir sangat antusias dan berpartisipasi aktif dalam penyuluhan, dikarenakan pemateri juga pemilik kedai kopi, dalam kegiatan ini pemateri menunjukkan bagaimana cara mengolah kopi yang menghasilkan kopi dengan warna yang menarik dan rasa kopi yang nikmat. hasilnya telah dibuktikan sendiri oleh peserta penyuluhan saat mencoba menikmati kopi hasil alamnya sendiri yaitu kopi robusta yang disangrai dengan resep khusus ala Basofi dan Vicky tersebut.

Harapannya dengan diadakannya penyuluhan ini masyarakat Desa Ringinkembar dapat mengolah, mengemas dan memasarkan hasil alam mereka. Mereka juga di harapkan dapat menciptakan kualitas kopi dan kakao yang baik dan mendapat nilai jual yang sangat tinggi. Sehingga petani di Desa Ringinkembar ini tidak hanya menjual dengan harga murah dan Cuma-Cuma ke pengepul saja.

“Saya selaku ketua Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan KKN dari Universitas Kanjuruhan Malang tahun 2018, yang telah menginformasikan kepada kami bagaimana cara menanam, merawat hingga memanen yang benar serta mengajarkan kepada kami mulai dari cara mengolah kopi dan kakao, cara mengemas sampai pada pemasaran, semoga ilmu yang sudah di berikan kepada kami dapat bermanfaat.” Ujar Bapak Tukimin selaku ketua Gabungan kelompok Tani (GAPOKTAN). (Jul)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
konferensi pemuda ASEAN
Ikutilah Beasiswa Konferensi Pemuda ASEAN di Bandung 2018

Infokampus.news -  Satu lagi tawaran kegiatan pemuda yang bisa kamu ikuti para pemburu beasiswa! Kali ini ASEAN Youth Initiative Confereance

Close