Kompetisi Paduan Suara Internasional Ini Dimenangkan Mahasiswa Unpar!

Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) patut berbangga atas kemenangan mereka di kancah internasional yang diselenggarakan di Debrece, Hungaria pada ajang The 27th Béla Bartók International Choir Competition. Persiapan yang dilakukan selama dua bulan terakhir tersebut berhasil menorehkan prestasi bagi indonesia pada perhelatan minggu lalu (6/7).

Dalam kompetisi ini, PSM Unpar mengikuti dua kategori yakni Chamber Choir dan Mixed Choir yang diikuti juga oleh pesaing yang cukup berpengalaman lain dari berbagai negara seperti Slovenia, Jerman, Ukraina dan Rusia.

Pada semi-final Chamber Choir, PSM Unpar membawakan empat lagu yakni Ye Heavy States of Night, Après un rêve, Kyrie, dan O’ve Lass’ Il Bel Viso. Dalam kategori Mixed Choir, PSM Unpar membawakan lagu L’étiole a pleure rose, Dies Irae, Angele Dei, dan Veni. Melalui lagu-lagu yang telah ditampilkan, PSM Unpar berhasil melewati babak semi-final dan masuk ke babak final.

Pada babak final Chamber Choir, lagu-lagu yang ditampilkan adalah Cor Mundum, O Magnum Mysterium dan Stabat Mater sedangkan dalam kategori Mixed Choir, lagu-lagu yang ditampilkan adalah My Poor Fool, Māte Saule, O Frondens Virga, dan Fecit Potentiam. Melalui penampilan babak final ini, PSM Unpar berhasil meraih Juara II dalam kategori Chamber Choir dengan nilai 87 dan Juara III dalam kategori Mixed Choir dengan nilai 88,9. Di samping itu, konduktor tim PSM Unpar, Ivan Yohan, berhasil meraih Special Award of Excellent Conducting Performance.

Prestasi yang telah dicapai oleh PSM Unpar adalah kemenangan pertama bagi dunia paduan suara Indonesia, mengingat PSM Unpar adalah delegasi pertama yang berhasil masuk babak final dan berhasil memperoleh juara dalam Béla Bartók International Choir Competition. Dari kemenangan ini, PSM Unpar lebih percaya diri untuk mempersiapkan kompetisi selanjutnya, The 62nd International Choral Competition Habaneras and Polyphony di Torrevieja, Spanyol. Wah, selamat untuk kerja keras yang telah membuahkan hasil ini, semoga sukses di ajang selanjutnya! (irma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Permen Nutrisi Ternak 3 in 1 Karya Mahasiswa Untidar

Ide membuat permen Ternak 3 in 1 karya mahasiswa Universitas Tidar atau UNTIDAR ini berawal dari tekad untuk lolos seleksi...

Close