Kreatif, Keterbatasan Fisik Tidak Menghalangi Untuk Mahasiswa Ini Berkreasi

Infokampus.news, Malang – Kreatif bisa dilakukan oleh siapapun, memiliki keterbatasan bukan sebuah alasan untuk tidak berkreasi. Hal ini ditunjukkan oleh Mahasiswa Design Komunikasi Visual Universitas Brawijaya Kadek Winda Dwiastari. Tidak kalah dengan lainnya, mahasiswa tingkat akhir ini memiliki segudang kreatifitas khususnya pada bidang kerajinan tangan.

Winda menyelesaikan tugas akhirnya dengan membuat produk dari paper toys, dengan mengangkat konsep story paper toys ia membuat kerajinan tangan dari bahan dasar kertas yang dibentuk menyerupai karakter. Dibantu oleh temannya, Winda menceritakan mulai dari pembuatan konsep pada masa pra produksi, produksi, hingga pasca produksi paper toys.

” Ini adalah desain inspirasi yang saya buat, dengan mengangkat karakter dari Pandawa yang merupakan cerita kolosal jaman dahulu saya membuatnya dari bahan kertas,” ungkapnya.

“Proses pembuatan selama dua minggu dengan menggunakan bahan kertas bufalo, mengangkat karakter Pandawa karena menurut saya anak-anak jaman sekarang kurang memahami mengenai apa itu budaya. Bahkan ada anak-anak yang menganggap budaya itu sebuah hal yang kuno dan membosankan. Dengangan paper toys ini saya ingin menjadikan kebudayaan menjadi hal yang lebih menarik dan tentunya diminati oleh anak-anak,” tuturnya.

Membentuk Anak Untuk Lebih Kreatif

“Paper toys sendiri adalah seni melipat kertas, dengan ini anak dapat lebih berani dan tentunya dapat merangsang kreatifitas. Saya menggunakan bahan utama dari kertas, karena dengan begitu tidak hanya dapat mengedukasi anak, namun juga dapat melatih saraf motorik anak. Sebelum menjadi sebuah karakter yang lucu dan menarik, anak diajarkan terlebih dahulu merangkai bentuk karakter,” jelasnya.

“Untuk paper toys sendiri saya menargetkan untuk anak 5 tahun kebawah, namun tidak menuntut kemungkinan jika nanti anak ada anak yang menggemari ini yang lebih dari umur tersebut,” imbuhnya.

Dengan paper toys Winda berharap dapat mengenalkan kebudayaan kepada anak usia dini dengan konsep belajar yang menarik. Bermain dan belajar agar tidak mudah bosan adalah tujuan utama dari paper toys, hanya memerlukan waktu 30 menit anak sudah dapat membentuk karakter. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Tips Mudik Menggunakan Kereta Api Secara Asyik Ala Mahasiswa!

Infokampus.news, Malang - kali ini Infokampus.news akan memberikan tips mudik saat menggunakan transportasi kereta api agar menjadi asyik

Close