Kreatif! Mahasiswa Ini Ubah Limbah Lumpur Jadi Penyerap Logam Berbahaya

Infokampus.news, Malang – Limbah sisa industri saat ini nyatanya tidak seluruhnya bisa diolah dengan baik dan fungsional. 3 mahasiswa Prodi Kimia Universitas Negeri Malang (UM) yakni Lailatul, Yuni, dan Yuastuti menemukan ada limbah lumpur geotermal dari pembangkit listrik di gunung Dieng yang mangkrak.

Timnya mencoba untuk mencari jalan agar lumpur ini bisa bernilai ekonomis dan juga memiliki fungsi lebih.

“Disitu terkandung banyak zat, nah yang kita gunakan khususnya yakni zeolit, untuk menyerap logam-logam berat yang ada di perairan kita.” Tukas Lailatul ditemui wartawan.

Zeolit yang terkandung dalam lumpur tersebut oleh timnya kemudian ditambahkan Polimer Kitosan dan Nano Partikel Magnetik. Tujuanya agar penyerapan terhadap logam berat nantinya akan semakin baik.

“Kan logam berat juga tidak baik untuk kesehatan mahluk hidup. Bahaya juga kalau sampai kita konsumsi melalui ikan atau kerang yang kita makan,” imbuhnya.

Rencananya penelitian dan juga pengembangan ini akan usai beberapa bulan lagi. Mereka berharap ini bisa selesai dengan cepat, meskipun tantangan yang mereka hadapi juga beragam.

Baca Juga :  Lakukan Studi Banding, STKIP PGRI Tulungagung Belajar SPADA di Unikama

“Labnya sih kita harus gantian sama yang lain juga, kita tidak bisa kerja kalau tidak di laboratorium kampus. Semoga bisa secepatnya,” tandas Yuni. (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *