Kuliah Sastra Jawa, Yuk! Bisa Belajar dan Lestarikan Budaya Sekaligus , Lho!

Infokampus.news -Halo Sobat Fokus, kali ini infokampus.news akan berbagi info seputar kuliah di Sastra Jawa. Menarik? Daripada ragu, kalian wajib simak info berikut ini.

Mungkin bagi kebanyakan orang, kuliah di Sastra Jawa itu sedikit kuno di era global seperti ini. Namun, bicara sastra dan budaya adalah sesuatu yang harus dilestarikan dalam rangka menjaga identitas bangsa. Dan salah satu caranya adalah tentu dengan mempelajarinya.

Belajar Sastra Jawa tak membosankan, kok. Kamu bisa dapatkan keuntungan-keuntungan belajar Sastra Jawa. Yuk, intip keuntungan kuliah Sastra Jawa berikut ini.

Melestarikan Budaya Jawa

Keuntungan yang pertama yaitu kamu mendukung dan melestarikan perkembangan budaya Jawa. Pasalnya, budaya Jawa yang sudah hampir tergerus jaman modern ini harus segera dilestarikan. Kalau generasi mudanya tidak mau mempelajari dan melanjutkannya, maka budaya itu akan punah. Maka dari itu, kalau kamu berkuliah di jurusan Sastra Jawa, dengan bangga kamu sudah melestarikan budaya Indonesia. Tidak perlu malu atau minder karena budaya Indonesia yang beragam itu wajib dilestarikan, kalau tidak nanti akan diambil alih oleh negara lain.

Jiwa Sastramu Akan Semakin Terlatih

Berkuliah di Sastra Jawa, lama-kelamaan kamu akan lebih kreatif dalam menuangkan ide sastramu. Dengan mudah, kamu dapat membuat puisi, lagu, cerpen dan karya sastra lainnya dalam Bahasa Jawa. Karena Bahasa Jawa yang sudah dianggap kuno, kamu bisa menumbuhkan suatu pemikiran yang baru bagi orang awam. Kamu bisa membuat jurusan Sastra Jawa sebagai jembatan untuk menjadikan dirimu terkenal dengan karya Sastra Jawa-mu.

Belajar Memahami Tentang Bahasa Jawa

Berikutnya, kamu dengan mudah dapat belajar budaya Jawa. Buat kamu yang dari awal sama sekali belum mengerti tentang budaya Jawa, kamu akan merasa beruntung sekali karena kamu sudah mengambil jurusan yang tepat. Budaya Jawa itu tidak hanya dari bahasa saja, tapi masih banyak yang belum kamu ketahui, seperti budaya bernyanyi lagu jawa dan juga wayang. Di jurusan ini, kamu tidak hanya belajar Bahasa Jawa, tapi lengkap dengan budaya Jawa.

Pergi ke Luar Negeri dengan Mudah

Hal yang tradisional itu sangat dicintai oleh para turis. Pasalnya, kalau kamu kuliah di Sastra Jawa, dengan mudah kamu bisa melangkahkan kaki untuk pergi ke luar negeri. Caranya, kamu hanya memperkenalkan budaya Jawa ke luar negeri. Dengan begitu, kamu dengan mudah akan lolos dari seleksi untuk pergi keluar negeri dan mendapatkan beasiswa.

Bagaimana kawan? Mari lestarikan budaya Jawa dengan belajar Sastra Jawa. (sig)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Halo Sobat Fokus! Hari ini infokampus.news akan mengabarkan akreditasi terbaru Universitas Indonesia (UI). UI merupakan salah satu universitas terbaik negeri di Indonesia yang telah menghasilkan ratusan ribu alumi. Bertempat di Jakarta, UI merupakan salah satu dari 3 perguruan tinggi papan atas di Indonesia selain Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung. UI sangat dikenal menghasilkan alumnus terpandang seperti Hasri Ainun Besari, Chairul Tanjung, Sri Mulyani, hingga nama kawakan…
  • Infokampus.news - Hai Sobat Fokus sekalian! Kali ini infokampus.news akan bagi-bagi informasi seputar akreditasi prodi UNESA 2017!  UNESA merupakan kependekan dari Universitas Negeri Surabaya adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di kota Surabaya. Berdiri pada 19 Desember 1964, UNESA saat ini memiliki 7 fakultas yang terbagi menjadi 2 kompleks kampus, yaitu kompleks Ketintang, Surabaya yang memiliki 4 fakultas : Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Ilmu…
  • Berikut ini merupakan akreditasi program studi UGM terbaru 2017 yang perlu untuk Sobat ketahui sebelum mendaftar.

ADV-728_x_90

sig

sosiopat-satiris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
pengganti prebiotik 2
Para Mahasiswa UB Ini Ciptakan Pengganti Antibiotik Unggas, Produksi Bisa Meningkat Tajam!

Tiga mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) menciptakan probiotik sebagai pengganti antibiotik untuk unggas seperti burung dan ayam

Close