Kulik Lebih dalam Karir Kamu Jika ambil Prodi Bimbingan dan Konseling

Infokampus.news –  Jika kamu  memiliki minat di dunia psikologi khusus pendidikan, kamu harus memiliki kepribadian yang suka bersosial, terutama untuk anak yang pandai memberikan solusi pada sebuah permasalahan. Nah kali ini tim info kampus akan mengajak kamu untuk kulik lebih dalam Prodi Bimbingan dan Konseling.

Apa sih bimbingan konseling itu? Dilansir melalui youthmanual, pada program studi ini kamu akan mempelajari ilmu pendidikan yang berhubungan dengan cara pembelajaran, pemahaman pendidikan, dan pemahaman terhadap peserta didik. Selain itu materi yang didapat adalah ilmu psikologi karena memang bimibingan konseling merupakan cabang dari ilmu psikologi.

Aisyah Nadya, salah satu mahasiswa Universitas Negeri Malang mengatakan “ BK ini mempelajari mengenai how to be a good counselor, Karena guru BK di Indonesia masih dianggap polisi sekolah, hanya bekerja ketika anak-anak menjadi nakal atau melanggar peraturan, padahal jauh lebih dari itu” terangnya.

Ada beberapa deretan Universitas yang memiliki Prodi Bimbingan dan Konseling didalamnya diantaranya untuk PTN adalah  Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Bengkulu, Universitas Hasanuddinn, , Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Universitas Negeri Makassar, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Malang.

Selain itu untuk PTS diantaranya adalah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Universitas Al, Azhar Indonesia, Universitas Bina Nusantara, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Mercu Buana, Universitas Merdeka Malang, Universitas Pancasila, Universitas Tarumanagara, dan masih banyak lagi.

Tenang saja, Lulusan dari program studi ini dipersiapkan menjadi profesional dalam bidang bimbingan dan konseling yang diharapkan dapat bekerja sebagai guru BK pada setting pendidikan dasar, maupun menengah, serta pengembang pelatihan bidang akademik, pribadi, sosial dan akrir pada setting pendidikan non-formal.

Selain itu mereka juga dibutuhkan sebagai tenaga Konselor di pusat Rehabilitasi Lembaga pemasyarakatan, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), Konsultan Pengembangan SDM, Badan Penasheat Pembinaan Pelestarian Perkawinan (BP4), Kementerian Agama, Konselor dan konsultan Pendidikan di lembaga-lembaga bimbingan belajar (LBB). Atau kalo kamu berkeinginan untuk membuka praktek sendiri bisa namun harus mendapatkan ijin dengan harus memiliki gelar S2. Masih ragu untuk masuk prodi Bimbingan dan Konseling Sobat FoKus? (Jul)

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
penerimaan dosen tetap universitas gadjah mada
Seleksi Penerimaan Dosen Tetap Non PNS Universitas Gadjah Mada Tahun 2018

Infokampus.news – Universitas Gadjah Mada membuka kesempatan untuk berkarir menjadi dosen tetap Non PNS si lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Close