Kurangi Penggunaan Pupuk Kimia, Mahasiswa UGM Manfaatkan Limbah Untuk Pupuk Organik Cair

Infokampus.news – Penggunaan pupuk kimia dikalangan petani sudah menjadi kebiasaan untuk memenuhi kebutuhan budidaya tanaman. Faktanya, penggunaan pupuk kimia yang dilakukan secara terus-menerus akan membawa dampak yang tidak baik untuk kesehatan manusia tidak terkecuali untuk tanah. Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dapat mengurangi unsur biologi tanah, itu berakibat bagi turunnya kesuburan tanah.

Penggunaan pupuk kimia yang dilakukan secara terus menerus juga terjadi di masyarakat desa sekitar hutan di Dusun Watugudel, Kecamatan Pitu, Ngawi. Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Karya Tani sebelumnya pernah menerima subsidi pupuk kimia (NPK) dan pupuk organik dari Dinas Pertanian. Penggunaan pupuk kimia dan organik dirasa yang belum seimbang dirasa belum dapat mengurangi pemakaian pupuk kimia yang sudah menjadi kebiasaan para petani.

Pupuk Organik Cair Untuk Kurangi Dampak Buruk Dari Penggunaan Pupuk Kimia

Mengatasi persoalan tersebut, KKN PPM Universitas Gadjah Mada Sub Unit Watugudel dipimpin oleh Atika Ayu Ratnaningsih, mahasiswa Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada didampingi Atus Syahbudin, Ph.D selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) berinisiatif untuk mengenalkan Pupuk Organik Cair (POC) sebagai salah satu alternatif dari pupuk kimia.

Pengenalan dan pembuatan Pupuk Organik Cair dengan di monitoring seminggu sekali untuk mengamati perkembangan dari pembuatan pupuk. Monitoring dilakukan untuk mencermati kedatangan serangga pengurai (lalat hitam), perubahan limbah, sampai limbah terurai. Pada minggu kelima, Pupuk Organik Cair sudah dapat dipanen oleh tim KKN Universitas Gadjah Mada bersama warga untuk dimasukkan ke dalam botol. (has)

Sumber : https://www.ugm.ac.id/

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesmaba UMM 2017 Ditutup , Ini Pesan Yudi Latief Untuk Tanamkan dan Sosialisasikan Pancasila Bagi Pemuda

Hari ini (7/9) seluruh rangkaian kegiatan Pesmaba UMM 2017 ditutup secara resmi oleh rektor UMM Dr. Fauzan dan dihadiri oleh...

Close