Kurangnya Perhatian Terhadap Seniman Rupa Dalam Musik

Infokampus.news, Malang – Dalam kelas keliling #5 yang diadakan di kafe pustaka UM pada hari Kamis (6/3), sejumlah seniman rupa yang memiliki pengalaman membuatkan desain visual untuk album band menceritakan pandangan mereka tentang eksistensi profesi mereka. Beberapa seniman yang pernah bekerja sama dengan Tani Maju, Intenna, I Postrock, serta Folka Polka bergabung dalam sebuah forum pada sore hari itu.

Para seniman rupa yang bergabung dalam acara itu membagikan uneg-uneg serta pandangan mereka tentang profesi yang mereka geluti tersebut. Yang menjadi perhatian utama dalam pembahasan itu adalah kurangnya perhatian yang mereka dapat atas karya seni yang turut serta melambungkan nama sebuah band.

“Dalam kenyataan, karya seni visual itu kadang tidak membantu sang pembuat dan mereka tetap kurang eksis, padahal sebenarnya mereka juga butuh eksistensi. Untuk mengatasi itu, caranya bisa dengan memperbanyak karya sehingga eksistensi mereka tidak hanya tergantung pada satu karya saja,” ucap Ryan ‘Breng’ yang pernah bekerja sama dengan band instrumental I Postrock.

Eksistensi Adalah Buah Karya

Berbeda dengan Ryan, Lintang, peserta diskusi tersebut yang juga memiliki profesi serupa, menanggapi pandangan tentang kurangnya eksistensi dari sisi yang berbeda.. Lintang mengatakan bahwa eksistensi hanyalah buah dari kekuatan karakter para seniman itu.

“Jika karakter mereka kuat, seniman tidak perlu menggantungkan diri pada karya ciptaan mereka. Pasti banyak yang cari kok kalau karakter mereka kuat, bahkan mereka bisa lho mematok harga sendiri untuk hasil karya mereka Karena memang banyak permintaan,” ujar Lintang.

Selain itu lintang mengatakan tidak semua seniman ingin eksistensi. Bisa saja mereka hanya ingin berekspresi dan membantu memberikan karakter pada sebuah album band dan membiarkan karya mereka yang berbicara tentang diri mereka. (Art)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bincang-Bincang Santai Tentang Visual Untuk Musik

"Jika kita bicara tentang album Nevermind dari band Nirvana, pasti yang kita ingat adalah foto bayi yang berenang," ujar Wawan.

Close