Lagi, Alat Testpack Karya Mahasiswa Ini Mampu Deteksi Hypertiroid Yang Membahayakan Manusia

Infokampus.news, Malang – Alat deteksi hypertiroid nampaknya sangat dibutuhkan di kehidupan saat ini. Pasalnya, penyakit hypertiroid tidak serta merta diketahui oleh masyarakat awam karena gejalanya yang mirip dengan demam pada umumnya. Yakni hanya panas pada tubuh, mengeluarkan keringat berlebih, jantung berdebar debar, cepat lelah dan tidak bisa bertahan lama di bawah terik matahari.

Padahal jika dibiarkan berlarut, kelebihan hormon tiroid dalam tubuh ini mampu membuat badan terus terusan bekerja yang mana akan menurunkan berat badan secara signifikan. Selain itu jantung juga tidak terkendali detaknya, yang bisa berujung pada penyakit jantung koroner hingga stroke.

Untuk itu 3 mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISMA Aulia Rahman Andi Satria, Muhammad Irsyad Nurudin, Mega Memory Rahasa Putra memiliki ide untuk membuat alat berbentuk testpack yang praktis.

“Karena kalau di pasaran periksanya saja mahal sekitar satu juta, dan masa tunggu hasil pengecekan lebih dari 24 jam.” tukas Irsyad.

Penting dan Fungsional, Tak Heran Testpack yang Mampu Deteksi Hypertiroid Milik Mereka Lolos Didanai Oleh Ristekdikti

Dengan adanya alat ini, pihak medis hanya perlu menambahkan sedikit air yang dicampur dengan darah pasien dan menunggu hasilnya.

“Kalau positif hypertiroid nanti keluar dua strip garis merah.” Tambahnya.

Tak heran dengan alat yang sangat bermanfaat dan efisien ini mereka berhasil menyisihkan banyak PKM lain di seluruh Indonesia serta lolos didanai oleh kemenristekdikti. Kedepannya mereka ingin lebih mengembangkan lagi alat ini dan tentu memperluas pemasarannya. Mengingat petingnya kebutuhan akan alam milik mereka ini.

“Karena masih belum diujicobakan pada manusia dan ini juga masih prototype.” Tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lowongan CPNS Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi 2017!

Secara Struktural Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi berada dibawah Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi

Close