Laksamana Ade Hadir Dalam Seminar UMM

Infokampus.news, Malang –  Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.  Dengan dua pertiga wilayahnya didominasi oleh lautan, potensi Indonesia sebagai negara maritim sangat lah besar dalam bidang kelautan. Hal tersebut lah yang disampaikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Ade Supandi, dalam rangka  membuat Indonesia digadang menjadi Poros Maritim Dunia (PMD).

Berkesempatan hadir sebagai pembicara kunci di Seminar bertema “Kebijakan Hukum Kelautan dalam Rangka Penguatan Diplomasi Maritim” yang diselenggarakan Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM),  Ade memaparkan bahwa Indonesia saat ini bisa dibilang sebagai miniatur dunia. Hal tersebut di karenakan

Baca Juga:

“Luas wilayah Indonesia 2/3-nya berupa lautan, sedangkan 1/3 merupakan daratan. Maka, Indonesia bisa jadi merupakan miniaturnya dunia,” katanya di hadapan 115 peserta seminar yang terdiri dari Dekan Fakultas Hukum se-Malang Raya.

Indonesia mulai meninggalkan kultur maritim, Ade : Itu dangat disayangkan

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia hasil Sensus tahun 2010 sejumlah 237.641.326 orang. Sementara, hanya 10% dari jumlah tersebut yang bergiat di bidang maritim. Hal ini sangat lah disayangkan dikala Indonesia didominasi oleh lautan dan kultur maritim yang kuat. Menurutnya, kunci kemajuan Indonesia saat ini haruslah bertitik pada kemajuan kultur kelautan

“Siapa yang mengendalikan laut, dia akan mengendalikan perdagangan. Dan barangsiapa mengendalikan perdagangan, maka dia mengendalikan kekayaan dunia, dan sebagai hasilnya dia akan menguasai dunia,” pungkasnya.

KASAL Ade : Mahasiswa harus ikut andil terkait kemaritiman Indonesia

Lebih lanjut, Ade juga mengharapkan kontribusi besar mahasiswa UMM terhadap kemajuan sektor kelautan di Indonesia sebagai bentuk tanggung jawab perguruan tinggi. Mahasiswa kedepannya fituntut peka terhadap permasalahan kelautan baik itu dari segi hukum maupun sektor ekonomi, agar kemajuan Indonesia di bidang maritim bisa kembali merajai layaknya nenek moyang bangsa Indonesia dahulu kala.

“Saya harap kampus dan mahasiswa UMM juga  ikut andil dalam memajukan bidang kemaritiman Indonesia kedepannya. Karena saya yakin mahasiswa UMM mampu menmberikan solusi terhadap masalah maritim Indonesia Ini” ujarnya.

Penulis : Ucha

Foto : Ucha – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rektor UI Lantik Dekan Fakultas Ilmu Administrasi

Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met melantik Dekan Fakultas Ilmu Administrasi UI (FIA UI) periode 2016...

Close