Lakukan Studi Banding, STKIP PGRI Tulungagung Belajar SPADA di Unikama

Infokampus.news, Malang – Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Tulungagung hari ini (20/06) melakukan koordinasi dan studi banding di Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama).

“Saya ucapkan selamat datang di Universitas Kanjuruhan Malang. Diadakannya studi banding kali ini bertujuan selain untuk bermitra dengan STKIP PGRI Tulungagung juga untuk meningkatkan kualitas SDM bersinergi dan mengembangkan perguruan tinggi masing-masing,” ucap Dr. Sudi Dul Aji, M.Si selaku Wakil Rektor I Unikama.

Dalam kegiatan yang berlangsung di ruang Abdoel Radjab ini turut hadir Drs. Iskandar Ladamay, M.Pd selaku protokoler, Dr. Sri Hariani, M.Pd selaku Kaprodi Matematika, Nanang Puji Astika, SS., S.Pd., M.Pd. selaku kepala BAU serta Heri Santoso, S,Kom. selaku Kepala BAA dan Plt. Ka. MSI.

Dr. Tomi Listiawan, S.Si., M.Pd perwakilan dari STKIP PGRI Tulungagung menyampaikan bahwa setiap Perguruan Tinggi baik Negeri maupun swasta harus berkolaborasi dan maju. Hal ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Kami ingin mencontoh Unikama. Tujuan kami hari ini melakukan koordinasi mengenai SPADA, Unikama telah lebih dulu mempelajari itu. Tentunya ilmu yang didapat disini bisa kita bawa ke STKIP PGRI Tulungagung,” tuturnya.

Baca Juga :  Unggul Dalam Software Engineering dan Business Intelligence, UWG Optimis Raih Akreditasi Terbaik

Sejak tahun 2014 Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengembangkan program Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu (PDITT), yang diluncurkan tanggal 15 Oktober 2014 oleh Wakil Presiden Boediono. 18 September 2016, berganti nama menjadi Sistem Pembelajaran Daring (SPADA).

Sistem Pembelajaran Daring atau SPADA adalah implementasi Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu. Dengan sistem pembelajaran SPADA, Indonesia memberikan peluang bagi mahasiswa dari perguruan tinggi untuk dapat mengikuti mata kuliah bermutu tertentu. Tentunya dari perguruan tinggi lain dan hasil belajarnya dapat diakui sama oleh perguruan tinggi dimana mahasiswa tersebut terdaftar.

“Selain untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, SPADA bisa berpengaruh terhadap akreditasi di perguruan tinggi tersebut,” ungkapnya lebih lanjut.

Sejauh ini, Unikama telah bekerjasama dengan Perguruan Tinggi STKIP PGRI Tulungagung, Perguruan Tinggi di Kediri, Madiun, Surabaya, Yogyakarata dan juga Palembang.  (Jul)

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *