Layaknya Jembatan di Cina, Mahasiswa UMM Ini Rancang Jembatan Kaca Pertama di Indonesia!

Infokampus.news, Malang –  Hari ini (9/10) Jembatan kaca yang menghubungkan dua kampung tematik di Kota Malang, Jawa Timur, diresmikan. Jembatan kaca yang dinamakan “Ngalam Indonesia”  ini sendiri akan menghubungkan Kampung Wisata Jodipan (KWJ) atau Kampung Warna-Warni di Kelurahan Jodipan dan Kampung Tridi di Kelurahan Kesatrian. Jembatanini sendiri menjadi jembatan kaca pertama yang hadir di Indonesia.

Jembatan Kaca Ngalam Indonesia Akan Jadi Destinasi Wisata Terbaru Kota Malang

Pembangunan jembatan dikawasan KWJ ini sendiri memfasilitasi para wisatawan yang ingin menikmati suasana di sekitaran KWJ dan kampung Tridi, dikarenakan KWJ dan kampung Tridi sendiri terletak berseberangan dan dipisahkan aliran Sungai Brantas. Jadi, Sebelum hadirnya jembatan kaca Ngalam Indonesia ini para wisatawan diharuskan menaiki puluhan anak tangga dan memutar lewat Jembatan Brantas.

Beberapa pimpinan kota dan tokoh masyarakat hadir untuk meresmikan Jembatan Kaca Ngalam Indonesia kali ini, para wajah familiar tersebut diantaranya Wali Kota Malang Mohammad Anton, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Fauzan, serta Vice President PT Inti Daya Guna Aneka Warna (Indana) Steven Antonius Sugiharto.

Dalam pemaparannya saat meresmikan jembatan Anton menuturkan bahwa,warga akan diamanatkan untuk menjaga, merawat dan mengelola jembatan. Hal tersebut dimaksudkan guna menumbuhkan dan mendorong keikutsertaan warga dalam upaya peningkatan perekonomian. Karena Anton yakin, kedepannya Jembatan tersebut akan menjadi salah satu destinasi wisata di kota Malang yang ramai dikunjungi oleh wisatawan

“Jembatan Kaca Ngalam Indonesia ini kan berada di sekitaran KWJ, jadi magnet wisatawan pun akan banyak. Efeknya perekonomian warga sekitar pun akan naik dari sektor wisata,” Papar Anton saat ditemui oleh Infokampus.news setelah meresmikan jembatan, Senin (9/10/2017).

Dua Mahasiswa UMM Ini Jadi Otak Pembangunan Jembatan Kaca Ngalam Indonesia

Jembatan kaca merupakan hasil desain dua mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yaitu Mahatma Aji dan Khoriul Rahmad di bawah binaan dosen Ir Lukito Prasetyo.. Untuk pembangunan, mereka difasilitasi oleh Indana, pemilik produk Mix One. Menurut Lukito, jembatan ini tidak hanya memiliki fungsi penghubung semata, tapi juga memiliki nilai estetika. Oleh sebab itu, dari sekian desain yang dipamerkan pada Wali Kota Malang, terpilihlah model jembatan gantung dengan tambahan kaca sebagai material pijakannya.

Dari disainnya sendiri Jembatan ini tampak elegan dan gagah. Didominasi warna kuning emas. Selain itu, Khoirul Rahmad mengungkapkan bahwa Jembatan ini mempunyai panjang 25 meter dan lebar 1,25 meter. Jembatan ini nantinya juga dapat menampung pejalan kaki dari dua jalur. Diestimasikan, jembatan dapat menampung sekitar 50 orang dan menanggung beban 250 kilogram.

“Jadi nantinya wisatawan bisa melewati jembatan ini dengan nyaman,” Pungkasnya.

 

Dengan lantaran berlantai kaca, warga dan pengunjung diajak menikmati pemandangan dasar sungai dari atas jembatan. Kaca yang transparan memiliki sensasi tersendiri layaknya Jembatan Kaca di Zhangjiajie Cina. Kini, jembatan kaca menjadi spot foto baru bagi netizen yang kerap mengunggah foto-foto menariknya di media sosial. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lowongan Kerja PT Softex Indonesia Terbaru 2017!

PT Softex Indonesia merupakan perusahaan consumer goods terkemuka di Indonesia dan di seluruh wilayah Asia Tenggara

Close