Lebarkan Sayap Budaya Indonesia di Kancah Internasional, Ini Kata Didik Nini Thowok

Infokampus.news, Malang – Sebelum memperkenalkan budaya Indonesia ke luar ada baiknya masyarakat Indonesia sendiri memahami terlebih dahulu budaya budaya yang ada. Didik Nini Thowok, seorang maestro seni tari Indonesia mengatakan saat ini masih sedikit masyarakat yang mendalami budaya sampai ke akar-akarnya. Persoalannya adalah menumbuhkan sikap cinta dan penghargaan terhadap budaya lokal.

“Kalau digali secara mendalam kebudayaan Indonesia sesungguhnya bisa bersaing dengan budaya modern yang masuk ke Indonesia ini. Jadi , Kita harus tingkatkan niat kebudayaan lokal serta memperkenalkannya melalui berbagai media informasi,” kata pria yang bernama asli Didik Hadiprayitno.

Tanamkan Rasa Cinta Budaya Lokal

Salah satu hal untuk menumbuhkan cinta budaya lokal menurut Didik yaitu dengan mulai menanamkan materi ilmu budaya mulai dari sekolah dasar. Karena ekolah adalah tempat yang tepat untuk menanamkan cinta budaya sejak dini.

“Pengamalan cinta budaya haruslah mulai ditanamkan pada generasi mendatang jenis kebudayaannya pun banyak yang bisa dijadikan materi sekolah seperti tari, musik, wayangan dan lain lain,” paparnya saat mengisi materi dalam International Culture Conference di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya, Selasa, 1 November 2016.

Harus Punya Identitas Diri Sebelum Memperkenalkan Budaya

Senada dengan Didik, Dr. Hipolitus Kristoforus Keuwel seorang pengajar antropologi di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (FIB UB) menandaskan bahwa Indonesia harus memahami identitas budaya diri sebelum mengembangkan sayap ke negara lain. Menurutnya saat ini kemajemukan yang merupakan faktor utama pembentukan budaya masih menjadi masalah di Indonesia.

Baca Juga :

“Kemajemukan di Indonesia saja saat ini masih menjadi isu yang mondar-mandir di kehidupan bernegara. Ini menunjukan bahwa kita belum siap secara penuh untuk memahami budaya di Indonesia yang sangat beragam,” imbuhnya.

Pelajari Budaya Sungguh-sungguh Supaya Tidak Diklaim

Kedua pemateri sepakat bahwa yang patut di kedepankan dalam mengembangkan sayap budaya di Indonesia adalah bahwa kita harus mempelajari secara sungguh sungguh budaya sendiri agar terbentuk suatu identitas yang bisa diperkenalkan kepada dunia. Jangan sampai ketika bangsa Indonesia sudah memperkenalkan ke dunia, justru masyarakat dunia yang mendalami secara serius sedangkan masyarakat Indonesia tidak.

“Kalau masyarakat luar yang lebih senang mempelajari budaya kita dibandingkan masyarakat Indonesia sendiri ilmu budaya tersebut justru akan berkembang diluar. Hal tersebut berpotensi budaya kita diklaim (bangsa lain) karena ilmu mereka tentang budaya kita lebih maju daripada kita sendiri,” pungkas Didik.

Penulis : Ucha Julistian
Editor : Galuh Pandu Larasati

Foto : Ucha – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
International Culture Conferrence : Ayo Sebarkan Budaya Indonesia ke Seluruh Dunia
International Culture Conference : Ayo Sebarkan Budaya Indonesia ke Seluruh Dunia

Di era global, ketika budaya asing begitu mudahnya masuk dengan berbagai cara, eksistensi budaya Indonesia harus tetap unggul dan tidak...

Close