Lebih Murah dan Sehat, Mahasiswa ITN Ini Produksi Sosis Dari Ampas Tahu!

Infokampus.news, Malang – Murahnya limbah hasil olahan tahu membuat dua mahasiswi ITN (Institut Teknologi Nasional) Malang memiliki ide untuk memproduksi sosis dari ampas tahu. Adalah Lutfi Mia Wulandari dan ST. Aisyah Humaerah mahasiswi ditemui saat mereka menggelar produk buatan mereka.

Mereka mengaku ingin membuat sesuatu yang berbeda dengan bahan limbah tahu yang sangat murah tersebut.

“Kami membuat produk bernama ‘Prosis – Protein Sintesis’ nah produk kami ini kami modifikasi menyerupai protein hewani tetapi dengan bahan dasar protein nabati, yakni dari ampas tahu.” Ujar Aisyah pada tim infokampus.news.

Prosedur Pembuatan Sosis Ampas Tahu Mudah, Namun Terkendala Tekstur

Menurut Aisyah, produk ini sendiri pembuatannya sangat sederhana. Ia dan kawannya hanya perlu memeras ampas lalu mengukusnya dan mencampur dengan gilingan ayam beserta tepung sagu dan bumbu.

Namun begitu ia terkendala oleh tekstur adonan, karena jika perbandingan adonan tidak pas maka tidak akan terbentuk sosis yang sempurna

“Kami sudah pakai kanji, tapi tidak bisa karena terlalu kenyal. Setelah kami mencoba hingga 24 kali percobaan ahirnya berhasil dengan menambahkan sedikit lebih banyak ayam di dalam adonan,” tambah dia.

Untuk 1 pak yang berisi 5 potong sosis, ia banderol dengan harga 8000 rupiah yang mana jauh lebih murah dari harga sosis di pasaran.

“Ini sangat murah ya daripada di pasaran yang mana dua biji bisa sampai 30 ribu, kami ingin agar masyarakat bisa makan sehat, enak tanpa harus membayar sangat mahal.” Tutupnya. (Pus)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lowongan Kerja PT Kawasaki Motor Indonesia

PT Kawasaki Motor Indonesia didirikan pada tanggal 18 Februari 1994 sebagai perusahaan joint venture antara Kawasaki Heavy Industries

Close