Lebihi Target Jumlah Penelitian Nasional 2017, Sayang Dana Penelitian PT Klaster Mandiri Dipangkas Hingga 55 Milyar

Infokampus.news, Malang – Dana penelitian PT klaster mandiri dipangkas hingga 55 milyar di tahun 2017. Hal ini merupakan imbas dari IMPRES No. 4 tahun 2017 tentang efisiensi anggaran dimana dana anggaran riset nasional dipotong hingga 1,4 trilyun rupiah.

Hal ini diungkapkan oleh Prof. Ocky Karna Radjasa M.Sc., Ph.D direktur riset dan pengabdian masyarakat Ristekdikti dalam seminar nasional SENASIF yang digelar Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang 2017.

“Imbasnya ya ini, tapi yang saya potong klaster mandiri saja seperti UB, UNDIP dan sebagainya. Untuk yang PTS saya tidak potong tahun ini,” tukas dia saat memberikan seminar pagi ini (14/9).

Dana Penelitian PT Klaster Mandiri Dipangkas Namun Indonesia Ditargetkan Naik Peringkat Geser Singapore

Meskipun dana yang dipangkas cukup tinggi, namun jumlah publikasi penelitian di Indonesia melebihi perkiraan target. Jika tahun ini Indonesia ditargetkan memiliki sekitar 7.000 publikasi penelitian, ternyata di pertengahan tahun ini telah tembus lebih dari 9.000 publikasi penelitian.

“Sangat baik ini publikasi kita tahun ini sudah menyaingi Thailand, kita sudah ada di peringkat ke 3 di ASEAN.” tambah dia.

Untuk itu pihaknya menilai sangat optimis jika tahun depan publikasi penelitian bisa mencapai angka 14.000.

“Ya perkiraan kami di angka sekian tapi mungkin target kami hanya sekitar 12.000 publikasi saja tahun depan. Saya akan usahakan dana juga meningkat tahun depan agar para dosen ini bisa juga melakukan riset dan kerjasama langsung di tempat dia melakukan hubungan kerjasama dengan dosen atau gubes negara lain.” harapnya.

Hal ini didasari karena banyaknya dosen yang melakukan kerjasama dengan dosen maupun guru besar luar negeri namun belum pernah melakukan riset dan bertatap muka langsung dengan partner tersebut. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dorong Minat Membaca Sivitas Akademika Kampus, UB Press Gelar Bazar Buku

Ramainya Gazebo perpustakaan UB dikarenakan adanya acara book fair bertajuk "Bazar Buku Back to Kampus" yang digelar oleh UB Press.

Close