Lestari Budayaku Kokoh Bangsaku

Infokampus.news, Malang – Kebudayaan bangsa Indonesia sangat melekat pada tradisi – tradisi yang beragam, lestari budayaku kokoh bangsaku adalah sebuah semboyan yang cocok untuk mewakili kekayaan bangsa Indonesia.

Tradisi – tradisi yang sudah banyak ditinggalkan dan tidak diketahui lagi, kini banyak yang sudah menjadi sejarah. BSO Paguyuban SEMI Universitas Islam Malang (UNISMA) adalah komunitas mahasiswa yang masih menjujung tinggi keberagaman budaya yang ada dilingkungan sekelilingnya.
Dengan menggagas parade tari dengan mengangkat tema “Melestarikan Tari dan Memperkokoh Budaya Bangsa”. Sesuai dengan tema acara, BSO Paguyuban SEMI menyuguhkan tarian – tarian dari sabang sampai merauke.

Tarian dari daerah Kalimantan, Bima, Makassar, Riau, Aceh, dan masih banyak lainnya yang dihadirkan pada parade tari budaya tersebut. Dengan maksud memperkenalkan budaya daerah di Indonesia ke masyarakat luas agar lebih mengenal ragam tarian Nusantara.

Lestari Budayaku Kokoh Bangsaku Karya BSO Paguyuban SEMI UNISMA

Atik Sulistyo Ningsih ketua pelaksana acara menyebutkan jika BSO Paguyuban SEMI berkolaborasi dengan orda – orda di Malang Raya untuk menyuguhkan tarian daerah – daerahnya dengan upaya untuk memperkokoh budaya di Indonesia.

“Kami mengundang dari sanggar – sanggar di UNISMA sendiri di berbagai fakultas untuk menampilkan tarian – tarian daerahnya,” ungkapnya.

“Untuk susunan acara sendiri didahului dengan penampilan dari sanggar – sanggar kemudian lanjut ke orda – orda. Untuk pembuka acara kami sendiri ada penampilan dari divisi tari BSO Paguyuban SEMI yang bernama Cleopatra dengan menampilkan tarian bapang dari Malang sendiri,” pungkasnya.

Acara sendiri diisi oleh 14 pengisi acara dengan penampan khusus Reog dari Ponorogo.

“Acara ini sendiri adalah program kerja divisi tari BSO Paguyuban SEMI. Karena pada BSO kami ada 4 divisi salah satunya ada divisi tari ini,” paparnya.

Jika pada waktu hari H cuaca tidak begitu mendukung, tapi parade budaya ini sendiri masih tetap berjalan.

Tetap melestarikan budaya di Indonesia dengan tetap di lestarikan agar tetep kokoh dan utuh. Bermanfaat bagi masyarakat luas dan menunjukkan, mengingatkan kembali bahwa Indonesia ini banyak sekali tarian budaya daerah masing – masing yg sangat indah yg memang perlu kita jaga dan lestarikan. (has)

Berita Terkait

  • Infokampus.news, Malang - Universitas Islam malang (UNISMA), Hari ini (25/3) kembali menggelar rangkaian acara menuju Dies Natalies UNISMA yang ke 36. kali ini UNISMA menggelar kegiatan Pementasan Seni dan Pameran budaya Daerah Se-Nusantara.Pameran Kebudayaan UNISMA ini sendiri mengusung tajuk Gerak Lisan  Utama 1, maksud tajuk ini sendiri bertujuan sebagai bentuk apresiasi Mahasiswa UNISMA untuk beragamnya budaya dan kreativitas yang ada di bumi Indonesia. Kegiatan ini sendiri berlangsung meriha dan ramai dikunjungi…
  • encegahan bencana alam merupakan tagline besar Indonesia dan juga dunia. Namun bencana ternyata tidak hanya bisa ditanggulangi dan diidentifikasi
  • Warga Universitas Islam Malang sedang berlomba – lomba merealisasikan program pengabdian kepada masyarakat melalui program KKN mahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Universitas Widyagama Malang Sosialisasikan Panduan Penelitian Dan Pengabdian Jilid Baru

Universitas Widyagama Malang sosialisasikan pengertian panduan penelitian dan pengabdian pada dosen mengenai kebijakan LPPM terbaru.

Close