Lezat dan Ramah Lingkungan! Kecap Ini Terbuat Dari Limbah Kepala Ikan Tongkol Lho

Infokampus.news, Malang – Limbah kepala ikan tongkol disulap menjadi kecap yang mengandung protein tinggi serta sangat lezat. Adalah Siswi Astuti M.Pd, dosen Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dan beberapa mahasiswa bimbingannya yang mengembangkan produk ini.

“Kami cari pengganti kecap dari kedelai awalnya. Cari bahan yang murah tapi kandungan proteinnya mendekati kedelai,” paparnya saat ditemui wartawan.

Setelah diteliti lebih jauh, kandungan protein yang terdapat di dalam ikan tongkol dan kedelai ternyata memang tidak berbeda jauh. “26% dari tongkol, kalau dari kedelai 25%.” Ungkapnya memaparkan.

Limbah Kepala Ikan Tongkol Jadi Kecap Lezat Berprotein Tinggi

Untuk membuat kecap ini ia hanya perlu merendam kepala ikan tongkol dengan cairan asam. “Seperti itu lalu ditambah dengan bumbu dan gula merah. Ya sudah itu saja sebenarnya seperti pembuatan kecap pada umumnya yang berbeda kami ada proses hidrolisisnya,” tambahnya.

Rasa yang dimiliki oleh kecap ini juga sama seperti kecap pada umumnya. Namun pihaknya sengaja memberi tambahan rasa pedas untuk menghilangkan efek amis dari ikan tongkol yang merupakan bahan baku utama pembuatan kecap ini. “Yang paling efektif kami rendam asam, tapi ya masih ada amis sedikit sekali kalau masukan dari customer. Kami akan cari cara lagi untuk ini,” pungkasnya.

Pihaknya hingga saat ini sudah memiliki harapan untuk mengembangkan pembuatan produk ini dengan memberikan edukasi pembuatan kecap kepala ikan Tongkol pada masyarakat luas. Namun kendalanya, proses hidrolisis yang harus dilakukan ini tidak semua orang bisa melakukannya tanpa teknik khusus. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tour Guide Online Ala Para Mahasiswa Ini Bisa Jadi Solusi Liburan Kekinian Lho!

Bagaimana jadinya bila liburan tahun baru kamu dipandu dengan tour guide online? Pasti akan sangat seru dan mudah ya sahabat...

Close