Libur Kuliah? 6 Tips Ini Wajib Kamu Ketahui Supaya Ibadah Puasa Makin Lancar!

Infokampus.news – Puasa tidak berarti kamu bisa bermalas-malasan, terutama di masa libur kuliah. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar tetap aktif sambil tetap menjaga puasa.

Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kamu praktikkan selama menjalani puasa di hari libur.

Olahraga

Tips

Meskipun sedang puasa kamu masih bisa melakukan berolahraga. Tentunya olahraga yang kamu jalani adalah olahraga yang ringan sehingga energimu tidak terkuras banyak. Di hari libur, manfaatkan waktu pagi seusai sahur untuk sedikit melakukan olahraga ringan.

Bersih-bersih rumah

Tipss

Mumpung libur kuliah, ini waktunya bagi kamu untuk meringankan sedikit beban orangtua dengan cara ikut bersih-bersih rumah. Kamu bisa membantu dengan menyapu atau mengepel lantai rumah, sehingga pekerjaan orangtuamu pun bisa sedikit ringan.

Bantu menyiapkan menu berbuka puasa

Tipsss

Jika biasanya kamu hanya menyantap hidangan berbuka puasa, coba di hari libur ini kamu membantu ibu untuk menyiapkan menu berbuka puasa. Mulai dari berbelanja sampai memasak, pasti ibumu jadi terbantu.

Ngabuburit

Tipssss

Menjelang berbuka puasa, jangan dihabiskan hanya untuk berleha-leha. Kamu bisa manfaatkan momen tersebut untuk ngabuburit apalagi akan tambah seru bila dilakukan bersama teman-temanmu.

Hindari Bergadang

Bergadang adalah kebiasaan kebanyakan mahasiswa. Namun, selama bulan Ramadhan ini sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan tersebut agar sahurmu tidak terlambat. Lakukanlah aktivitas secukupnya.

Kamu harus bangun pukul 03.00 untuk mempersiapkan sahurmu sementara tidurmu hanya dimulai pukul 22.00 setelah shalat tarawih. Jika kamu melakukan banyak aktivitas setelah tarawih, bisa-bisa kamu terlambat sahur. Lagi pula, tidur yang cukup akan membuat tubuhmu fit dan kualitas puasamu pun terjaga.

Sahur Praktis nan Bergizi

Jika akhirnya kamu terlambat bangun dan hanya memiliki sedikit waktu untuk mempersiapkan sahurmu, kamu bisa mencoba menu-menu sahur praktis nan bergizi ala anak kos. Referensinya bisa kamu temukan di internet. Ada banyak sekali menu yang bisa kamu coba.

Hindari sahur dengan menu praktis yang kurang bergizi seperti mi instan, ya. Walaupun praktis, makanan seperti itu tidak baik bagi tubuh dan akan membuatmu kurang berstamina. Lebih baik sahur dengan telur dan kecap. Meskipun sederhana, kamu tidak perlu khawatir dengan puasamu. Pssst, tips ini juga bisa menghemat pengeluaran, lho.

Aktif Mengikuti Kegiatan Keislaman

Selama bulan ramadhan, tentu akan ada banyak organisasi di kampusmu yang menggelar kajian-kajian keislaman. Tidak ada salahnya kamu mengikutinya. Selain sebagai booster keimanan dan pengetahuan, kamu juga akan menemukan teman-teman baru yang nantinya akan selalu mengingatkanmu pada kebaikan. Dan, ingatlah bahwa kita diharuskan untuk selalu menyambung silaturrahim dengan saudara kita.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa membuat kegiatan puasamu kian bermakna saat libur kuliah. Semoga bermanfaat! (fam)

Berita Terkait

  • Jika selama ini kamu menjadikan puasa sebagai alasan kurang fit, produktivitas dan semangat bekerja, maka semua anggapan tersebut adalah salah.
  • Sudah menjadi tradisi di bulan Ramadhan, berbagai macam minuman dingin biasanya selalu tersedia di meja makan saat buka puasa.
  • Pada dasarnya berpuasa itu sehat. Kunci sehat dalam berpuasa di antaranya terletak pada cara berbuka puasa. Berbuka puasa yang hanya menuruti perut malah menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Apalagi momen berbuka puasa dijadikan sebagai ajang "balas dendam" karena seharian perut kosong. Selain itu, pengaturan jedah waktu berbuka puasa juga penting. Jika semua hidangan buka puasa yang tersaji di meja makan kita habiskan sekaligus maka akan menimbulkan dampak yang…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sambut Bulan Ramadhan, 8 Aplikasi Keren Ini Cocok Untuk Mahasiswa!

Beberapa publisher aplikasi baik Apple maupun Android akhirnya berlomba-lomba menciptakan aplikasi keren dan terupdate untuk mahasiswa muslim

Close