Lifeplus, Teknologi Penolong Lansia

Infokampus.news – Kondisi tubuh yang renta dan keseimbangan yang sudah tak sempurna membuat para lanjut usia (lansia) sering terjatuh. Hal ini tentu sangat berbahaya karena bisa berakibat fatal jika tidak segera diberi pertolongan. Kondisi lansia tersebut kemudian menginspirasi sekelompok mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), yakni Luthfi Fathurrahman, Natsir Hidayat, dan Made Detya Darma membuat sebuah teknologi penolong lansia yang diberi nama ‘Lifeplus’. Alat ini mampu mengirimkan pesan kepada anak, perawat, atau orang terdekat lain ketika lansia terjatuh.

Meski memiliki manfaat yang besar, Natsir menjelaskan, sempat kesulitan dalam mendesain Lifeplus. Dia pun mengaku alat ini masih belum nyaman digunakan oleh lansia.

“Bentuk Lifeplus yang balok dan ditempel di dada mengganggu kenyamanan lansia dalam beraktivitas. Lifelus ini cukup susah dipakai, tapi dari segi ide dan konsep sangat bagus. Karena itu, kami ingin mengembangkan alat ini lagi,” sebutnya dikutip dari laman ITS, Jumat (16/12/2016).

Inovasi Lifeplus telah mendulang prestasi, salah satunya menjadi juara dalam sebuah kompetisi untuk memperingati bulan kesehatan masyarakat di Unej dan Universitas Airlangga (Unair). Sebelumnya, Natsir dan tim sempat mengirim Lifeplus dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), namun belum berhasil lolos.

Baca Juga:

“Kami tidak pernah merasa puas dengan karya kami. Banyak teman-teman di luar yang jauh lebih berprestasi. Talk less do more lah. Berprestasi itu mudah asal mau bekerja keras,” tukasnya. (FAM)

 

Sumber: ITS

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 Juta Struk Habis Setiap Hari, “Bisnis Ini Awalnya ‘Nggandol’ Dulu”

Berbisnis produk baru dan merintisnya dari awal memang tidak mudah, namun jika kita paham ilmunya dan mampu mencari celah maka...

Close