Lima Kampus Terbaik STEM untuk Perempuan

Infokampus.news – Belakangan ilmu science, technology, engineering, and math (STEM) menjadi bidang yang diminati sekaligus berpotensi menunjang karier di masa depan. Bidang ini pun kini turut melahirkan sejumlah perempuan ilmuwan yang hebat. Keterlibatan perempuan dalam STEM membuat beberapa kampus menjadi pilihan terbaik bagi calon mahasiswi. Sebagaimana dilansir USA Today, berikut ini lima kampus terbaik STEM untuk perempuan.

1. Harvey Mudd College

Kampus terbaik STEM yang pertama adalah Harvey Mudd College. Kampus ini telah melakukan upaya yang signifikan untuk menarik perempuan yang ingin menggeluti STEM. Dalam kurun 2008 sampai 2014, terjadi peningkatan sebesar 3% untuk perempuan yang kuliah di jurusan STEM. Saat ini 52% mahasiswa di fakultas adalah perempuan. Sementara beberapa jurusan favorit di Harvey Mudd College yakni ilmu komputer, teknik, matematika, dan fisika.

2. Olin College (Franklin W Olin College of Engineering)

Olin College adalah sebuah kampus kecil yang punya spesialisasi teknik. Angka lulusan STEM untuk perempuan di sana meningkat 1,3% dari 2008 sampai 2014. Kampus terbaik STEM ini sangat ideal untuk mereka yang ingin mempelajari bidang teknik yang fokus dan spesifik. Berbagai tawaran riset kolaboratif juga tersedia di Olin College.

3. University of Southern California (USC)

USC mengalami peningkatan lulusan STEM untuk perempuan sebesar 1% sejak 2008 sampai 2014. Sedangkan anggota badan eksekutif mahasiswa (BEM) di sana 50% adalah mahasiswi. Beberapa jurusan terbaik yang kerap dipilih yaitu ilmu komputer dan teknik industri. Dalam meningkatkan keterlibatan perempuan dalam STEM, kampus ini juga membentuk Program Women in Science and Engineering (WiSE) pada 2000.

Baca Juga:

4. California Institute of Technology (Caltech)

Sebanyak 36,4% mahasiswa di sana adalah perempuan. Menyadari jumlah mahasiswi di sana masih minoritas, Caltech pun membuat beberapa program, seperti mentoring, grup diskusi, dan jaringan untuk perempuan. Hasilnya, hingga 2014 terjadi peningkatan lulusan STEM untuk perempuan sebesar 1%. Sedangkan jurusan favorit di sana meliputi informatika, fisika, dan teknik.

5. Union College

Sejak 2008 hingga 2014 terjadi peningkatan lulusan STEM untuk perempuan sebesar 2,3%. Terdapat 46% mahasiswi kuliah di sana. Namun di tingkat fakultas STEM, jumlah mahasiswi mendominasi hingga 51%. Salah satu jurusan yang paling banyak diminati, yakni teknik mekanik. (FAM)

 

SUmber: USAToday

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lulusan Terbaik Ini Kembangkan Nano Partikel untuk Obat Kanker

Infokampus.news - Penyakit kanker menjadi momok karena bisa mengenai siapa saja. Apalagi, hingga saat ini belum ditemukan obat kanker ideal untuk

Close