Ini Strategi Mencari Beasiswa yang Pas!

Infokampus.news – Beasiswa menjadi solusi bagi pelajar yang ingin sekolah setinggi mungkin, namun memiliki kendala pembiayaan. Saat ini beragam beasiswa pun ditawarkan, tinggal bagaimana seseorang memanfaatkan peluang sebaik mungkin.

Perlu diketahui, tak semua beasiswa menyeleksi penerimanya melalui prestasi akademis saja. Oleh sebab itu, gunakan strategi mencari beasiswa yang pas. Nah, bagi yang masih bingung yuk intip beberapa langkah berikut ini.

Baca Juga :

1. Lakukan scanning dalam mencari beasiswa

Mencari beasiswa tak cukup mengandalkan satu laman saja. Eksplorasilah berbagai laman atau situs. Cobalah scanning informasi beasiswa berdasarkan lokasi, negara, jurusan, dan tingkat. Dengan mencari ke berbagai sumber tersebut diharapkan peluang untuk mendapat beasiswa yang tepat semakin besar.

2. Tulis personal statement yang menarik

Setiap beasiswa, khususnya ke luar negeri pasti meminta pelamarnya untuk membuat personal statement. Tulisan ini berisi ringkasan personalmu dan tujuanmu mendaftar beasiswa tersebut. Oleh sebab itu, pastikan buat personal statement yang memikat. Gunakan bahasa yang baik, termasuk hindari salah penulisan.

Baca Juga :  Daftar Beasiswa 2022 Agustus Untuk S1 di Luar dan Dalam Negeri, Tertarik Mencoba?
3. Cari referensi

Referensi akan membuatmu makin berpeluang untuk mendapat beasiswa. Yang paling mudah, yakni meminta surat referensi dari dosen semasa kuliah. Kamu juga bisa meminta surat ini kepada atasan di kantor untuk memuluskan niat memperoleh beasiswa.

4. Masukkan aplikasi beasiswa tepat waktu

Banyak pelajar yang kurang perhatian terhadap batas akhir waktu pendaftaran beasiswa. Padahal, terlambat sehari mengumpulkan aplikasi bisa membuatmu gagal memperoleh kesempatan beasiswa. Karena itu, siapkan berkas-berkas dengan rapi sehingga saat akan mendaftar beasiswa kamu tinggal mencari syarat yang belum lengkap.

5. Jangan menyerah

Gagal dalam seleksi beasiswa umum dirasakan oleh pelajar. Namun, jangan menyerah dan teruslah mencoba. Kamu harus menyadari bahwa persaingan mencari beasiswa sangat ketat.

Semoga mencoba! (FA)

 

Sumber: indbeasiswa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.