Lincah, Para Mahasiswa Jepang Nikmati Belajar Budaya di STIE Malang Kucecwara

Infokampus.news, Malang – Sejak tanggal 16 Februari hingga 9 Maret kemarin sebanyak 27 orang mahasiswa Jepang dari Universitas Kajian Internasional Kanda Jepang mengikuti program pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia bagi penutur asing (BIPA) di Malang Kucecwara School of Economics (ISP MCE). Hari ini (9/3) saatnya seluruh hasil pembelajaran budaya yang mereka dapatkan selama sebulan penuh dipertunjukkan dalam ‘Gebyar seni dan gelar kinerja belajar mahasiswa Jepang peserta program bungan 2018’.

Ketua APPBIPA, Suyoto, mengatakan tahun ini adalah kali pertama pemerintah setempat turut berperan dan memfasilitasi dalam kesuksesan program ini.

“Kegiatan ini dapat apresiasi khusus dari pemkot Batu dengan memfasilitasi semua pemelajar asing menikmati wisata gratis ke Batu Flower Garden dan The Legend Jatim Park 3. Selain itu ada jamuan istimewa juga dari Walikota Batu,” paparnya pada wartawan.

Lincah, Mahasiswa Jepang Ini Mengaku ‘Cocok’ Dengan Budaya Indonesia

Sementara itu salah satu mahasiswa Kepang yang tengah mengikuti program ini mengaku sangat antusias dengan program yang usai ia jalani ini. Awalnya ia menyangka tinggal dan belajar budaya Indonesia akan membuat dirinya kaget.

“Ternyata tidak nyangka kalau semua akan cocok, dari budaya, cuaca, makanan maupun lingkungan belajar yang menyenangkan.” Ungkap Atsumi Fujjii.

Dara yang diberi nama Indonesia ‘Widati’ oleh salah satu mentornya ini, mengaku awalnya sulit mempelajari budaya Indonesia.

“Tari sangat sulit awalnya karena sangat beda dengan jepang, kalau jepang kan temanya perang sedangkan kalau tari Indonesia benar-benar diatur mulai gerak kaki, jari tangan sampai leher. Tapi saya senang karena semua disini memperlakukan dan mengajari saya dengan sangat baik,” Pungkasnya. (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Perkuat Tata Kelola, E-Journal UWG Malang Menuju DOAJ
Perkuat Tata Kelola, E-Journal UWG Malang Menuju DOAJ

Itu harapan Dr. Istiadi, ST, MT, penanggung jawab IT Universitas Widyagama Malang (UWG Malang) yang telah memfasilitasi tersedianya platform E-JOURNAL...

Close