Link And Match Seimbang Untuk Tekan Pengangguran

Infokampus.news, Malang – Universitas Wisnuwardhana Malang (UNIDHA) menggelar Seminar Nasional menyambut 25 tahun Link And Match di Era Sustainable Development Goal’s di Aula Gedung F2 UNIDHA. Dalam acara tersebut ada beberapa tokoh yang menyampaikan materi mereka tentang Pendidikan.

Salah satunya adalah Rektor UNIDHA sendiri, Prof. Dr. Suko Wiyono, SH., MH., yang menyampaikan materinya tentang ketenaga kerjaan dan Pendidikan vokasi. Menurutnya, ada baiknya diterapkan system buka-tutup jurusan vokasi agar tidak ada penumpukan tenaga kerja.

Ia menegaskan, jika sebuah jurusan vokasi dibuka terus, sementara permintaan lapangan kerja stagnan dan tidak ada perkembangan yang signifikan, maka resikonya adalah persaingan lapangan kerja yang semakin ketat. “Tidak dibuka terus jurusan tersebut, perlu sistem buka tutup. Karena dikhawatirkan lowongan kerja yang terpenuhi tidak bisa menampung lulusan yang ada,” jelasnya.

Beresiko Pengangguran Terdidik Tanpa Link And Match Yang Seimbang

Dalam seminar nasional  menyambut 25 tahun Link And Match di Era Sustainable Development Goal’s tersebut, Rektor UNIDHA Prof. Dr. Suko Wiyono, SH., MH. Menerangkan tentang resiko jika sebuah jurusan vokasi yang tinggi peminat tidak melakukan system buka-tutup.

Walau pada saat ini lapangan kerja juga semakin luas, namun pada jurusan tertentu lapangan kerja tersebut tidak berkembang seimbang dengan banyaknya lulusan, di sinilah keseimbangan link and match diperlukan. “Resikonya tingkat pengangguran pada jurusan tersebut akan menumpuk dan bisa meninggi,” tuturnya.

Dengan adanya system buka-tutup tersebut diharapkan nantinya ketersediaan tenaga kerja akan bisa seimbang dengan lapangan kerja yang tersedia. Otomatis, tingkat pengangguran terdidik akan bisa ditekan. (ART)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hasil SPAN PTKIN Telah Diumumkan

Perlu diketahui bahwa pengumuman hasil penerimaan mahasiswa baru lewat jalur prestasi SPAN PTKIN, telah diumumkan.

Close