Lintas Jurusan? Perhatikan 3 Hal Berikut Ini!

Infokampus.news – Fenomena terkini yang banyak terjadi di kalangan anak kelas 12 SMA yang ingin lanjut kuliah adalah: salah jurusan. Salah jurusan ini kerap dialami mahasiswa yang awalnya bingung memilih jurusan, kemudian berakhir memilih jurusan tanpa pertimbangan yang matang. Padahal sebelum memilih jurusan, kalian harus mengetahui minat, bakat, dan kemampuan terlebih dahulu bukan? Simpelnya, untuk menentukan mau kuliah di mana, Sobat FoKus bisa memperhatikan hasil nilai pelajaran di sekolah, mana yang menonjol (pilih 2 atau tiga mata pelajaran). Jika sebetulnya tak ada passion di semua mata pelajaran yang tertera di buku rapor, Sobat FoKus bisa mencoba untuk lintas jurusan.

Saat memilih jurusan, ternyata banyak yang lintas jurusan. Apa sih lintas jurusan itu? Lintas jurusan yakni memilih jurusan kuliah yang berbeda dari jurusan sewaktu sekolah. Misalnya, dulu di SMA kalian mengambil jurusan IPA, namun ketika kuliah kalian malah mengambil bidang Sosial dan Humaniora. Keputusan untuk lintas jurusan, boleh jadi disebabkan siswa merasa jurusan sewaktu SMA tidak sesuai dengan minat dan bakat mereka atau barangkali karena faktor orangtua yang menyuruh mereka untuk lintas jurusan.

Jika memang jurusan semasa SMA cukup berat bagi kalian untuk ditempuh di bangku kuliah, tak ada salahnya untuk memilih lintas jurusan. Namun perhatikan syarat utamanya: kalian mempunyai passion, minat, atau bakat di bidang yang akan dipilih. Kalau kalian sudah memutuskan lintas jurusan, siaplah menerima risiko dan konsekuensi. Salah satu dari konsekuensi tersebut adalah: kalian akan dihadapkan dengan materi yang tidak kalian pelajari secara mendalam sebelumnya. Sobat FoKus harus berlari lebih cepat untuk mengejar ketertinggalan dari kawan-kawan lain yang sudah linier. Misalkan, biasanya di sekolah belajar Ekonomi, Sejarah, Sosiologi, dan Geografi, pas lintas jurusan pasti kalian bakal belajar materi yang berbeda mulai dari awal.

Nah, sebelum lintas jurusan, ketahui hal-hal berikut:
1. Kategori Jurusan.

Di perguruan tinggi, pengkategorian bidang studi sama halnya dengan SMA yang terdiri dari jurusan IPA dan IPS. Kemudian kalian harus tahu bahwa ada jurusan IPA yang masuk ke kategori IPS dan ada jurusan IPS yang masuk ke kategori IPA. Contohnya, Psikologi. Jurusan Psikologi terbagi atas 2 jurusan, yakni Psikologi IPA dan Psikologi IPS. Alangkah baiknya cari tahu kira-kira jurusan yang kalian pilih itu masuk ke kategori mana. Kalau masuk ke kategori yang berbeda, itu namanya lintas jurusan.

2. Pilih PTN atau PTS

Sebelum mendaftarkan diri, tentukan kampus mana yang akan kalian tuju. Di PTN ada jalur SNMPTN, SBMPTN, jalur mandiri, dll.  Khusus jalur SNMPTN, salah satu kriteria memilih jurusan ialah pilih jurusan yang sama sewaktu sekolah. Semisalnya kalian lintas jurusan di SNMPTN, peluang untuk diterima diserahkan sepenuhnya ke pihak kampus dan rata-rata peluang untuk diterima sangatlah kecil. Sementara jika masuk PTN lewat jalur SBMPTN  maupun jalur mandiri, masih diperbolehkan untuk lintas jurusan. Namun, ada pengecualian bagi lulusan IPS yang ingin lintas jurusan kedokteran atau jurusan yang berhubungan dengan kesehatan, kalian tidak bisa mengambil jurusan ini karena bidang ilmu ini harus didasari oleh penguasaan materi IPA yang kuat. Kalau PTS? Bergantung kampusnya. Kalian bisa tanyakan ke pihak kampus yang bersangkutan. Karena ada kampus yang memperbolehkan, ada kampus yang tidak memperbolehkan lintas jurusan. Pada umumnya lulusan IPA memiliki peluang yang luas untuk memilih jurusan (bisa pilih IPA, bisa pilih IPS, atau pilih Bahasa). Sementara itu, lulusan IPS sebatas jurusan IPS atau Bahasa.

3. Program Studi Pilihan

Ini yang tak kalah penting, bahkan ini bisa jadi yang paling penting: jika ingin lintas jurusan, pilihlah program studi yang benar-benar kalian inginkan atau kuasai. Sebab, nantinya kalian akan menjalani perkuliahan di bidang tersebut sedikitnya satu tahun untuk program diploma, dan empat tahun untuk program sarjana. Jangan sampai sudah setengah jalan lantas merasa “salah jurusan”.

Jadi bagaimana? Sudah paham kan? Boleh-boleh saja lintas jurusan, asal jangan lupa tiga hal tersebut di atas ya! (him)

 

Sumber: edumor.com

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
perguruan tinggi di taiwan
Ini Dia Top 5 Perguruan Tinggi di Taiwan!

Infokampus.news - Kenal dengan Taiwan? Wilayah yang terkenal dengan kerajaan kupu-kupunya ini berlokasi di kontinen Asia bagian timur. Kini, Taiwan

Close