Live Report Antisipasi Kecurangan Joki Ujian, Sediakan 200 Soal CBT

Infokampus.news, Malang – Isu kecurangan peserta menggunakan jasa joki selalu menjadi kendala tersendiri dalam pelaksanaan seleksi SBMPTN, banyaknya oknum dan modus kecurangan membuat panitia SBMPTN menjadi lebih waspada. Untuk mengantisipasi kecurangan, panitia membuat beberapa langkah antisipasi mulai dari sistem pengawasan hingga pembuatan soal.

Panlok Malang melakukan langkah antisipasi kecurangan dalam pelaksanaan Seleksi SBMPTN 2017. Terdapat banyak praktek joki yang dilakukan oknum pengguna jasa, hal ini seperti yang diutarakan Rektor UM, Selasa (16/5).

“Untuk pengawas sebelumnya sudah dilakukan tes terlebih dahulu apakah sudah layak menjadi seorang pengawas dan yang terpenting dapat mendeteksi kemungkinan kecurangan peserta,” ungkap Prof. Dr. AH. Rofi’udin M.Pd selaku Rektor UM.

“Untuk menanggulangi joki, ada 200 jenis soal CBT, yang tidak mungkin sama. Pengawas memiliki wewenang penuh untuk mengawasi seleksi SBMPTN 2017. Dapat dibedakan ada joki atau tidak,” imbuhnya.

“Pengawas harus mengawasi angka nomor peserta. Cbt dari 2500 ke 22000, kecurangan sudah diminimalisir. Peserta yang dianggap mencurigakan akan dilakukan penggeledahan,” terangnya.

Perketat Pengawasan Untuk Kecurangan Joki Ujian

“Pada setiap kelas diawasi 1 pengawas dan 1 koordinator, untuk dapat mendeteksi adanya kecurangan joki yakni dengan melihat identitas pada kartu peserta,” tegas WR1 UB selaku ketua Panlok 55.

“Baik panitia maupun pengawas sudah diberi bimbingan dan tes, jadi sudah dapat mengetahui gerak-gerik dan modus para oknum yang melakukan kecurangan pada saat ujian seleksi SBMPTN 2017. Semua perangkat komunikasi termasuk jam digital tidak diperbolehkan digunakan pada saat ujian,” terangnya. (has)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dinas Komunikasi dan Informasi kota Malang Gelar Pelatihan Telecenter Bersama UNIKAMA

Dinas Komunikasi dan Informasi kota Malang pagi ini (16/5) menggelar acara pembinaan telecenter dengan tema

Close