(Live Report) Hari Kedua, Lantunan Peserta di Musabaqah Hifzhil Qur’an Memukau Dewan Hakim

Infokampus.news, Malang – Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional sudah memasuki hari kedua, hari ini dijadwalkan akan ada 75 peserta dari setiap perguruan tinggi yang akan mengikuti cabang lomba Musabaqah Hifzhil Qur’an 10 juz di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Minggu (30/07) sejak pukul 08:00 para peserta sudah memenuhi lokasi lomba, masih seperti sebelumnya peserta akan dipanggil sesuai nomor urut yang sudah diambil dengan metode undian.

Setiap peserta diberikan waktu 10 menit untuk tampil, dan suara bel akan menjadi tanda koreksi dari dewan hakim jika ada kesalahan dalam hafalan maupun cara membaca. Untuk penilaian Hifzil Qur’an 10 Juz ini dilakukan oleh dewan hakim yang terdiri dari 7 orang yang akan mempertimbangkan beberapa aspek seperti tajwid, tahfid dan fashahah.

Banyak Aspek Penilaian Dari Dewan Hakim Yang Harus di Perhatikan

Untuk aspek penilaian Tajwid, peserta akan dinilai sesuai dengan tata cara baca Al Qur’an, aspek penilaian Tahfid peserta akan dinilai kelancaran saat menghafal Al Qur’an dan aspek penilaian fashahah mengenai kefasihan dalam membaca Al Qur’an. Semua akan dinilai sesuai dengan kemampuan peserta pada saat berada diatas panggung, hasil penilaian nantinya akan menjadi pertimbangan dewan hakim dan panitera untuk menentukan skor nilai peserta.

“Ini adalah kali pertama saya mengikuti lomba Hifzhil Qur’an, sebuah pengalaman yang sangat menegangkan berada diatas panggung dengan dilihat banyak dewan hakim dan penonton. Sedikit canggung saat belum naik keatas panggung, namun setelah itu semua berjalan dengan lancar. Rasa canggung dan nervous seketika hilang, dengan keyakinan Insyaallah saya bisa lolos ke tahap selanjutnya,” ungkap Anna salah satu peserta lomba Musabaqah Hifzhil Qur’an 10 juz. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

(Live Report) Hari Kedua, Para Kafilah Siap Beradu Argumen di Debat Kandungan Al-Qur’an Dengan Bahasa Arab

Minggu (30/07) hari kedua Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional bidang Debat Kandungan Al-Qur’an Dengan Bahasa Arab

Close