Live Report SBMPTN 2016 di UIN Maliki Malang Part 2

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 digelar hari ini. Tidak hanya serentak, ratusan ribu peserta SBMPTN 2016 juga akan mengerjakan soal-soal ujian seharian penuh.
Secara umum, soal-soal sbmptn diracang tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun. Tidak sedikit mata ujian yang pola soalnya mirip dengan soal-soal yang telah ada. Namun, tidak sedikit dari peserta yang terkadang salah dalam belajar soal-soal snmptn tahun lalu, yang patut diingat, SBMPTN sama sekali bukan ulangan harian sekolah, yang biasanya kita ketahui dengan pasti cara pengerjaan soalnya sesuai teori yang diberikan. Namun, cara penyelesaian soal sbmptn, lebih kepada ide peserta ketika pertamakali menghadapi soal tersebut. Yang terpenting adalah bagaimana menguasai setiap konsep dalam tiap butir soal sbmptn nanti. Pasalnya, soal-soal yang terlihat sulit di SNMPTN tertulis tahun lalu, seringkali hanya karena kita tidak paham bagaimana melihatnya dari sudut yang lebih sederhana.
Materi soal yang pertama adalah Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek. Materi ujian TKD teridiri dari Matematika IPA,Kimia, Fisika dan Biologi. Materi TKD meski tidak sulit, banyak peserta yang mengalami kesulitan saat mengerjakan tes. Penyebabnya rata-rata dikarenakan peserta memilki background pendidikan yang berbeda, kurangnya persiapan dan banyak penyebab lainnya.

Materi Soal TKD Gampang Gampang Susah

Salah satu peserta SBMPTN 2016 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang berasal dari Probolinggo, Hilda (17), di sela-sela waktu istirahatnya, menuturkan sedikit mengamalami kesulitan, “Soalnya Wow banget, untuk matematika IPA tidak sesuai ekspektasi.” Menurutnya, materi soal matematika jauh lebih dari yang ia pelajari. “Meski mengalami kesulitan, alhamdulillah bisa menyelesaikan semua soal dengan baik.” tambahnya.
Senada dengan Hilda, Yasmine peserta dari salah satu SMK di Kota Malang pun mengaku sedikit mengalami hambatan. “Iya, gampang-gampang susah sih. Karena background pendidikan saya SMK.” Yasmine mengaku kesulitas saat mengerjakan materi ujian Fisika dan Kimia.
Perlu diingat, untuk setiap jawaban benar pada ujian SBMPTN 2016, kamu akan mendapat nilai +4. Sedangkan satu jawaban salah akan membuat nilaimu dikurangi satu poin (-1). Jika kamu mengosongkan jawaban pada soal yang tidak dapat kamu kerjakan, maka kamu tidak akan mendapatkan nilai (0).
Saat ini peserta SBMPTN 2016 sedang mengerjakan materi tes yang kedua yaitu pelaksanaan Tes Potensi dan Kemampuan Akademik (TKPA) hingga pukul 11.45 WIB. Semoga para peserta SBMPTN 2016 lancar mengerjakan tugas. Ikuti dan pantau terus live report SBMPTN 2016 selanjutnya. (MW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Report SBMPTN 2016 di Universitas Brawijaya

Siswa peserta ujian SBMPTN 2016 dibagi ke dalam tiga kelompok ujian yaitu Sains Teknologi (Saintek), Sosial Humaniora (Soshum) dan kelompok...

Close