Lolos Pimnas 2019, Unitri Tunjukkan Inovasinya

Infokampus.news– PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang ke 32, digelar di Gedung Undagi Graha, Fakultas Teknik Universitas Udayana Bali, acara pada 27-31 Agustus 2019, Sebagai ajang bergengsi tingkat nasional dimana terseleksi tersebut sebayak 460 karya mahasiswa dari 6.000 lebih karya mahasiswa Se-Nasional. PKM-M (Program Kreativitas Masyarakat Pengabdian Masyarakat) adalah mewujudkan mahasiswa Indonesia yang kreatif, inovatif, unggul, dan mandiri berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebhinekaan.

 

TIM PKM-M dari Universitas Tribhuwana Tungga Dewi yakni Whinny Qori, Livia Kharunisa, Dimas Bayu Saputra, dan dosen pembimbing Dr. Budi Prihaningtyas M.AB atau sapaan akrabnya bu Titin sekaligus dosen pengajar di Fakultas Ekonomi Unitri. Judul karya PKM-M yang lolos dari Universitas Tribhuwana Tunggadewi yakni “English And Java Script Berbasis Game dan Film Edukasi untuk Anak Yatim”. Latar belakang dalam kajian tersebut ialah 1. Pudarnya aksara jawa karena pengaruh globalisasi, 2. Tuntutan di zaman globalisasi ini mengharuskan bisa berbahasa Inggris, 3. Kurangnya fasilitas pendidikan di panti asuhan.

Baca Juga :  Kacamata dan Kontak Lensa Ternyata Punya Dampak Negatif Bagi Kesehatan, Simak Ulasannya

 

Tujuan dari inovasi tersebut yaitu 1. Melestarikan aksara jawa dan menambah pengetahuan bahasa inggris, 2. Mengenalkan aksara jawa dan bahasa inggris untuk anak-anak yang pendidikan kurang layak, 3. Mendorong generasi muda saat ini untuk melestarikan budaya jawa. Kemudian hasil dan kesimpulan dari karya tersebut upayah untuk pelestarian aksara jawa dan pelatihan bahasa inggris dalam mengantisipasi era globalisasi yaitu dengan media game dan film edukasi akan menghasilkan pembelajaran  yang sangatefektif dan menyenangkan. (Sil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *