Lombe, Karapan Kerbau Yang Ternyata Bikin Petani Cepat Kaya

Infokampus.news, Malang – Lombe adalah ajang karapan kerbau yang berasal dari Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura yang belum banyak diketahui orang bahkan dari masyarakat daerah lain di Sumenep sendiri. Padahal, prospek pembangunan sosial hingga ekonomi yang ditawarkan dengan adanya ajang ini sangatlah besar.

Untuk itu sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) jurusan geografi 2015 yakni Misbahaul Ulum, Kartika Hardiyati dan Irfan dimentori oleh dosen pembimbing Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si membuat penelitian sosial humaniora tentang lombe.

“Bahkan sampai saya kan harus ijin untuk melakukan penelitian ini ke Pemerintah Kabupaten, mereka malah tidak tahu jika ada tradisi ini.” Tutur Misbahaul pada tim infokampus.news.

Karapan Kerbau Bisa Tingkatkan Taraf Sosial dan Ekonomi Masyarakat Mayoritas Petani

Padahal, karapan ini mampu meningkatkan taraf sosial hingga ekonomi masyarakat sekitar, tentu disamping sebagai hiburan tradisi masyarakat.

“Dari segi sosial kalau misalnya menang, itu mereka bisa naik taraf sosialnya jadi lebih disegani. Jadi mereka dalam tradisi ini tidak cari hadiah begitu,” tambah dia.

Selain itu, harga jual kerbau jantan yang mampu memenangkan perlombaan ini bisa naik hampir 50% dari harga jual asli dari kerbau itu sendiri.

“Awalnya kan harga kerbau 35 juta begitu, dengan adanya menang nanti dia bisa naik harganya hingga 55 juta rupiah per ekor.” Tukasnya.

Disamping meningkatkan harga jual dan tingkat sosial sang pemilik, ajang ini ternyata juga berhasil membuat angka populasi kerbau di daerah ini naik drastis karena masyarakat mulai sadar dengan prospek yang dijanjikan oleh kerbau. Sehingga masyarakat tidak hanya berkutat pada sektor kerja petani dan TKI. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sepatu Teman Bau Menyengat, Jadi Berkah Untuk Mahasiswa UM Ini

Berawal dari banyaknya sepatu teman bau di sekitar kampus, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Rani

Close