Lulus Kuliah? Ini Pesan Emil Dardak Untuk Para Fresh Graduate

Infokampus.news, Malang – Dalam Seminar Nasional dalam rangka temu ilmiah UKM Penalaran dan Penelitian se-Jawa Timur ke-13 yang digelar di gedung PPI universitas Merdeka Malang hari ini (23/4) Emil Dardak, calon wakil gubernur Jawa Timur memberikan banyak masukan untuk para lulusan. Sebagai keynote speaker dalam acara ini, ia memaparkan pentingnya memetakan potensi diri.

“Gali potensi diri kita, semua orang berharap karir bagus setelah lulus. Sekarang lagi tren wirausaha setelah lulus, tapi masalahnya setiap ketemu anak muda ini selalu bertanya enaknya bisnis apa ya yang resikonya kecil untungnya gede?.” Paparnya pada para mahasiswa seluruh Indonesia yang memadati gedung PPI hari ini.

Padahal menurutnya jika mempelajari keuangan, maka resiko dan hasil sangat berkorelasi. “Semakin beresiko akan semakin besar yang akan diperoleh.” Tukasnya lagi.

Untuk itu saat ini menurutnya saat paling tepat untuk dilakukan selagi masih muda adalah mengenali dan menggali potensi diri. Ia mencontohkan seseorang yang sangat baik di bidang menulis dan networking harusnya memilih usaha di bidang jasa atau networking.

“Momen masa muda ini akan hilang kalau dipakai sesuatu yang biasa-biasa saja. Sistem atau posisi seperti apa yang akan digunakan tidak akan kita ketahui kalau belum digunakan untuk eksperimen,” Ungkapnya.

Begitu pula dalam pembangunan desa, para freshgraduate juga harus melirik peluang memberdayakan dan membangun desa asal mereka sendiri. Karena mereka sudah memiliki bekal mental yang cukup hasil dari beberapa tahun merantau untuk mengenyam pendidikan di kota.

“Tapi ya jangan berharap membangun usaha atau bisnis itu bisa instant langsung mengambil contoh pengusaha dengan omset 3 milyar misalnya. Basicnya harus kuat dulu,” Tukasnya. (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Pecinta Alam Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang Tegaskan Tolak Sampah Plastik

Inilah tema yang diusung Wigapala (Widyagama Pecinta Alam) pada acara bakti sosial dalam rangka ikut memperingati Hari Bumi pada (22/4)...

Close