Lulusan DKV? Industri Kreatif Terbuka Lebar Untuk Kamu

Infokampus.news – Mungkin dulu menjadi dokter, pilot, atau Insinyur adalah profesi idaman sejuta umat. Namun di zaman yang serba teknologi dan digital kini, muncul profesi-profesi baru yang dibutuhkan banyak orang. Bahkan hampir semua lini kehidupan membutuhkan sentuhan tangan kreatif.

Perkembangan teknologi, media informasi, maupun gaya hidup yang semakin pesat membuat perusahaan berbagai sektor seperti properti, infrastruktur, keuangan, pendidikan, hiburan, media, dan sebagainya menempatkan posisi desainer komunikasi visual di posisi yang tidak dapat diremehkan lagi. Semakin hari era ekonomi kreatif menghasilkan profesi-profesi baru yang tidak ditemukan pada era-era sebelumnya, seperti misalnya animator, filmmaker, digital ilustrator, musisi, penulis, web designer, fotografer, dan sejumlah profesi kreatif lain yang memiliki prospek menjanjikan.

Profesi Kreatif? Serahkan Saja pada Anak DKV

Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan program studi yang tengah populer dewasa ini. Meski begitu banyak yang tidak paham dengan jurusan ini. Maka tak jarang pula yang meragukan lulusan DKV, mau jadi apa?

Banyak profesi dan banyak hal yang bisa dilakukan lulusan DKV ketika lulus nanti, diantaranya:

1. Art Director

Dalam sebuah perusahaan Art Director bertugas untuk membuat konsep dan mengawasi desain grafis media publikasi cetak seperti logo, iklan, maupun website. Art Director bertanggung jawab terhadap estetika tampilan keseluruhan perusahaan.

2. Game designer/developer

Seorang Game Designer menentukan tampilan dari sebuah game. Seperti Ilustrasi tokoh karakter dan tampilan keseluruhan dalam game adalah tugas game designer. Mereka juga berkontribusi terhadap suara, musik, maupun efek suara untuk game tersebut.

3. Comercial Artist

Profesi ini meliputi banyak hal seperti desainer interior, ilustrator, desain cover buku atau majalah, dan karikatur buku.

4. Desainer Grafis

Membuat poster, baliho, spanduk, mengombinasikan teks, warna, bentuk, dan potongan-potongan gambar menjadi gambar digital berupa satu kesatuan yang utuh dan menarik adalah tugas Desainer Grafis. Mereka ini dibutuhkan perusahaan ataupun EO untuk kebutuhan media promosi mereka.

5. Desainer Media Interaktif

Yap mereka ini mengembangkan grafis web multimedia, animasi perangkat elektronik, aplikasi untuk smartphone dan tablet. Mereka juga dibutuhkan oleh biro iklan, penerbit, perusahaan desain, dan universitas.

Baca Juga :

Jadi Youtuber juga Bisa

Paparan tersebut hanyalah segelintir gambaran lulusan DKV. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencapai masa depan yang lebih prospektif. Apalagi dengan mudahnya media informasi sekarang, karya-karya apapun bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, misalnya Youtuber. Asalkan konsisten dan kontennya menarik karya berupa video blog ataupun film pendek bisa menarik perhatian banyak pihak. Dan terbukti banyak video maker kreatif yang iseng-iseng jadi jutawan lewat media ini, siapa tahu kamu selanjutnya? (gpl)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Cara Asik Dapat Uang Jajan Tambahan untuk Mahasiswa

Kehidupan kampus adalah masa-masa yang tidak akan pernah terlupakan bagi siapapun yang mengalaminya. Saat berkuliah, kita belajar menjadi lebih mandiri...

Close