Luncurkan TANIA, Mahasiswa UB Beri Edukasi Bagi Petani

Infokampus.news – Mungkin menurut kalian Tania merupakan nama orang, nama binatang peliharaan atau bahkan nama barang kesayangan kalian, kali ini mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang membuat aplikasi Tania untuk memberikan edukasi bagi petani.

Indonesia masih mengalami beberapa kendala untuk mencapai kedaulatan pangan. melalui Bulog selalu kekurangan pasokan beras ketika masa panen raya. karenanya impor tanaman pangan menempati 74% dari total impor yang dilakukan pemerintah. ketergantungan impor merupakan permasalahan yang berulang setiap tahun. berangkat dari permasalahan inilah Kristina Lely beserta tim mengikuti kompetisi Information Technology (IT) paling bergengsi di tanah air yakni Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) 2018.

Tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, membuat sebuah aplikasi mobile yang dapat mengedukasi peani tanah air. aplikasi tersebut diberi nama Tania yang merupakan singkatan dari Asisten Pertanian Anda. para mahasiswa itu adalah Kristina Lely Liana, Muhammad Abdan Mulia, dan RR Dea Annisayanti Putri.

Aplikasi Tania sendiri dirancang untuk dapat dioperasikan di perangkat android minimum versi yaitu versi 4.3 (Jelly Bean. aplikasi dibuat dalam dua versi yaitu untuk petani dan Agen tani. yang dimaksud petani adalah pemilik lahan atau etani yang mengerjakan lahan pertanian. sementara yang dimaksud agen tani adalah ahli pertanian yang mengetahui cara mengolah lahan dan mengatasi masalah pertanian.

Baca Juga :  Cegah corona! Pemerintah Malang Gandeng FT UB Hasilkan Siko

Bagi petani, aplikasi Tania memiliki beberapa fitur yang berguna untuk membantu petani mengetahui jenis tanaman yang baik untuk ditanam. mengetahui tata cara bercocok tanam yang dpat meningkatkan produktivitas., melakukan konsultasi kepada agen tani jika terdapat permasalah pertanian yang dihadapi dan m,elihat informasi pertanian melalui forum tani. Sementara itu, bagi bagi agen tani, pada aplikasi Tania terdapat fitur untuk melihat informasi pertanian terkini melalui forum tani, menjawab keluhan para petani dan melihat daftar lahan yang dibantu.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan petani dapat meningkatkan produksi pangannya dan mengurangi kemungkinan gagal panen. harapannya dengan adanya Tania, Indonesia yang merupakan negara agrarsi  dengan 60 juta hektar lahan pertanian diharapkan mampu meningkatkan hasil produksinya sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan dalam Negeri dan meraih swasembada pangan.

Tania telah berhasil membawa ketiga mahasiswa Universitas Brawijaya menajdi juara GEMASTIK 2018. dlaam ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) tersebut Tania dianugerahi penghargaan Gold Metal dalam kategori “Pengembangan Perangkat Lunak” (Jul) 

 

Baca Juga :  Kabar Duka! Guru Besar UGM Positif Covid-19 Meninggal Dunia

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *