Machfud M.D Pada Mahasiswa, ‘Tenang, Kebudayaan Korup Bangsa Bisa Diubah, Jangan Putus Asa!’

Infokampus.news, Malang –  Machfud M.D Pada Mahasiswa seluruh Indonesia yang memadati Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) pagi ini (5/10) memberi pesan penting. Ia merasa mahasiswa mampu mengubah budaya buruk yang dianggap ‘merebak’ pada diri masyarakat Indonesia.

“Ini lebih personal saya kira, bukan budaya orang kebanyakan. Kalau budaya itu sesuatu yang diturunkan dari moyang kita sangat luhur,” tukasnya.

Budaya buruk yang ia sebutkan merupakan budaya korupsi dan juga penindasan kepada rakyat kecil yang saat ini melanda negeri.

“Kalau kata Muh. Hatta pada tahun 74 itu dia bilang budaya kita ini korup, lalu Mochtar Lubis menyebut orang Indonesia itu hypocrit, pembohong. Teriak dan berantas korupsi, saat menjabat malah dia korupsi,” timpalnya kemudian.

Machfud M.D Pada Mahasiswa Korupsi dan Hypocrite Itu Personal

Namun demikian ia mengingatkan lagi para pemuda Indonesia tentang seorang menteri yang dipenjara karena masalah yang bukan ditimbulkannya.

“Waktu itu di tahun 50-an ada menteri dipenjara 2 bulan karena dititipi uang dollar sekitar 1000 dollar yang mana di saat bersamaan ada UU tidak boleh membawa masuk dan keluar Indonesia dengan uang lebih dari 100 dolar. Harusnya kita sekarang juga seketat itu,” Paparnya.

Ia yakin jika benar masyarakat mematuhi peraturan dan juga budaya bangsa yang luhur, citra buruk budaya bangsa ini akan berakhir.

“Jangan putus asa dengan keadaan negeri yang seperti ini. Budaya itu bisa berubah kok, bisa. Kita juga harus mulai, barangkali tulisan Muh. Hatta dan Mochtar Lubis itu sindiran untuk kita, bukan deskripsi bangsa kita.” (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UWG Malang Buktikan Janji Nyata Melalui Keberhasilan Kinerja ABDIMAS

UWG Malang telah membuktikan janjinya kepada Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristek Dikti khususnya Lembaga Penelitian

Close