Mau Magang atau Kerja di Google? Perhatikan Cara Rekrutmennya Berikut Ini

Infokampus.news – Sudah bukan rahasia lagi jika saat ini banyak orang sangat mengidamkan magang atau kerja di Google. Google yang merupakan perusahaan raksasa digital dunia memang menawarkan banyak fasiltas dan layanan menarik bagi para karyawannya. Dari makanan dan minuman gratis, cuti yang menarik, serta bergama fasilitas lain yang sangat memanjakan dan tentunya gaji yang fantastis.

Namun untuk bisa bekerja atau magang di perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini tidaklah mudah. Seleksi yang ketat dalam rangkaian tes dan wawancara yang ada pada akhirnya membuat tidak semua orang bisa dipilih untuk magang atau kerja di Google. Lalu seperti apakah proses rekrutmen yang dilakukan oleh Google ini? Berikut ulasannya.

Baca Juga:

Anda Berprestasi Anda Dicari

Untuk magang atau kerja di Google, Anda harus mencari lowongan dan melamarnya secara online. Dalam rekrutmen secara online ini sendiri, Google akan menyediakan formulir untuk Anda isi dengan identitas lengkap, pengalaman, pendidikan serta prestasi yang Anda pernah ukir. Jika Anda benar-benar memiliki prestasi yang bagus dan mumpuni, maka biasanya Google akan menghubungi Anda melalui email. Anda akan diundang untuk menjalani serangkaian wawancara dan tes.

Proses Wawancara

Ketika Anda menerima undangan Google tersebut Anda akan menjalani serangkaian tes dan wawancara. Di sinilah Anda akan mendapatkan beberapa hal yang unik di dalamnya. Seperti pada proses wawancara. Tahapan wawancara ini sendiri umumnya ada dua yaitu tahap pertama melalui telepon dan wawancara kedua secara langsung.

Dalam wawancara tahap pertama yang dilakukan Google melalui telepon ini Anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan teknis yang tentu saja menguras otak. Jika Anda lolos dari wawancara tahap pertama ini Anda akan dihubungi Google lagi melalui email untuk wawancara tahap kedua secara langsung. Untuk wawancara tahap kedua ini tentu saja akan lebih sulit karena akan melibatkan beberapa tim dari Google.

Wawancara secara langsung ini umumnya akan berlangsung dengan sekitar 5 tim yang berbeda. Berbeda dengan wawancara melalui telepon, pertanyaan pada wawancara langsung ini bukan lagi sekitar hal-hal teknis.

Pertanyaan yang Unik

Dalam wawancara secara langsung di Google ini Anda akan mendapatkan hal-hal yang unik yang berbeda dengan wawancara di perusahaan pada umumnya. Hal-hal unik ini terutama akan Anda dapati pada pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tim rekrutmen Google.

Jadi Anda harus bersiap dengan hal ini. Beberapa pertanyaan unik yang bisa Anda temui dan Anda dapatkan saat proses wawancara di Google seperti berapa tarif yang harus dikenakan untuk jasa membersihkan semua jendela yang ada di Kota Seattle? Berapa jumlah bola golf yang bisa ditampung ke dalam satu bus sekolah? Bagaimana cara Anda menjelaskan apa itu database dalam 3 kalimat, kepada anak yang berumur 8 tahun? dan lain sebagainya.

Pertanyaan-pertanyaan unik ini memang sengaja dilontarkan Google untuk mendapatkan orang-orang kreatif dan produktif saat bekerja di Google nantinya.

Jalani Masa Orientasi 

Setelah para karyawan lolos dari semua tes dan wawancara, mereka akan menjalani masa orientasi selama 1,5 minggu. Selama masa orientasi itu, mereka diajarkan tentang cara kerja data center Google, misi perusahaan, serta bagaimana cara kerja di Google.

Pada masa orientasi ini mereka juga akan bertemu dengan para Googler. Untuk para pekerja magang, mereka kemudian akan dilibatkan dalam tugas-tugas yang berhubungan langsung dengan produk Google. Intinya setiap anak magang di Google akan diberikan proyek khusus yang harus diselesaikan.

Fasilitas dan Tunjangan Kerja di Google

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa magang atau kerja di Google ini sangat menyenangkan. Bagi karyawan yang tinggal di luar kota atau di luar negeri, Google menyediakan tempat tinggal dan asrama yang lokasinya tak jauh dari Googleplex. Selain itu Google juga menyediakan shuttle bus untuk antar-jemput para karyawnnya.

Dan satu hal lagi yang tentunya paling diimpikan yaitu gaji yang tinggi. Gaji di Google ini sendiri memiliki nilai yang lebih besar dari gaji kebanyakan karyawan tetap di perusahaan lain. Menurut beberapa sumber, rata-rata penghasilan karyawan magang di Google adalah 5.678 dollar AS per bulan, atau 68.136 dollar AS per tahun. Tertarik? (FAM)

 

Sumber: Liputan6

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Tips Sukses Magang Bagi Mahasiswa!

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi mengenai tips sukses magang atau praktek lapangan bagi mahasiswa.

Close