Mahasiswa Arkeologi UGM Siap Menjalani Ekspedisi Maritim di Kepulauan Sangihe

Infokampus.news – Tim mahasiswa Departemen Arkeologi FIB UGM bersiap melakukan ekspedisi penelitan di perairan Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara pada 20 hingga 30 April 2017. Tim akan berangkat dan meneliti sejarah maritim di kawasan yang memang dikenal sebagai salah satu pusat kekuatan laut nusantara ini.

Ketua Ekspedisi Fuad Anshori mengatakan, nantinya tim dengan anggota 15 mahasiswa akan melakukan kegiatan penelitian di darat maupun perairan di kawasan Sangihe. Pemilihan kawasan tersebut didasarkan pada fakta sejarah di mana saat masa Perang Dunia II terjadi adu kuat antara sekutu dan tentara Jepang yang meninggalkan sisa bersejarah.

“Kami lakukan ekspedisi dengan tema UGM Maritime Expedition 2017 dan akan dimulai 20-30 April nanti. Kami telusuri kawasan Sangihe dari daratan hingga perairan tepatnya di Teluk Tahuna untuk mengungkap potensi sejarah budaya di kawasan tersebut,” terangnya, belum lama ini.

Data dan fakta lapangan yang didapatkan nantinya akan dipresentasikan di salah satu kampus di Sangihe untuk kemudian juga didiskusikan dengan pemerintah daerah setempat. “Kami tidak berangkat dengan kepala kosong jadi memang sudah dipersiapkan semuanya termasuk fisik dan mental,” imbuhnya.

Saat ini tim ekspedisi secara rutin melakukan latihan penyelaman di Umbul Ponggok Klaten untuk membantu pemetaan bawah air. “Kami ingin mengungkap budaya maritim di Indonesia melalui peninggalan sejarah, harapannya semoga bisa mempertegas posisi Indonesia sebagai salah satu negara dengan potensi maritim terbesar dunia,” pungkas Fuad. (FAM)

 

Sumber: UGM

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kampus Ini Izinkan Mahasiswa Bayar Kuliah Pakai Beras

Namun, universitas di Thailand ini memiliki cara unik guna menyeimbangkan antara kebutuhan pendidikan yang ada dengan surplus beras di negaranya....

Close