Mahasiswa Baru Perlu Tahu, ini 5 Jurusan Kuliah yang Terkenal Sulit Prodi Saintek

INFOKAMPUS.NEWS – Sebentar lagi diantara kaian akan memasuki dunia perkuliahan. biasanya, seringkali dilematis terjadi saat akan memilih jurusan kuliah.

Dilansir melalui mamikos.com, berikut 5 jurusan kuliah prodi Saintek yang terkenal sulit ini bisa jadi referensimu sebelum menjadi mahasiswa.

Fakta Menarik Seputar Farmasi

Pada tahun 2014 Dirjen Dikti menyebutkan bahwa Jurusan Farmasi adalah jurusan di perguruan tinggi dengan peminat terbanyak ke-5 di Indonesia. Hal ini karena farmasi bergerak di bidang kesehatan yang merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sebuah bidang yang tidak akan pernah sepi selama masih ada manusia.

Kedokteran adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang penyakit dan cara-cara penyembuhannya. Ilmu kedokteran adalah cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang cara mempertahankan kesehatan manusia dan mengembalikan manusia pada keadaan sehat dengan memberikan pengobatan pada penyakit dan cedera.

Statistika adalah cabang dari ilmu matematika yang berhubungan dengan perhitungan dan pengumpulan data. Penjelasan detailnya, Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterprestasi dan mempresentasikan suatu data. Istilah Statistika berasal dari bahasa inggris, Statistic yang artinya mengumpulkan dan menganalisa data dalam bentuk bilangan dalam kuantitas yang sangat besar.

Baca Juga :  Inilah Sederet Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Teknik Informatika mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer. Pada prodi ini akan diajarkan mulai dari menghasilkan ide kreatif, kemudian merealisasikan ide tersebut, memecah fungsi-fungsi, dan menciptakan struktur instruksi yang sangat detil dalam bahasa pemrograman untuk mengajarkan komputer apa saja yang harus dilakukan. Mahasiswa Teknik Informatika harus menjadi ahli dalam sistem operasi dan aplikasi untuk memastikan bahwa dasar sistem operasi bekerja dengan baik.

Jurusan Matematika mempelajari matematika murni seperti aljabar, geometri, dan analisis matematika. Selain itu para mahasiswa juga berpeluang untuk mempelajari statistika, komputasi, aktuaria, dan riset operasi. Meskipun pelajaran matematika sudah sangat dikenal oleh setiap orang, Program Studi Matematika malah kurang mendapatkan minat. Selain prospek kariernya yang masih sangat terbatas, mata kuliah ini pun kerap dianggap rumit. Namun sebenarnya, Jurusan Matematika mempelajari banyak hal yang tidak hanya sekadar perhitungan rumus-rumus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *