Mahasiswa Baru Wajib Melakukan 10 Hal Ini!

Halo para mahasiswa baru! Sudah siapkah kamu memasuki kehidupan kampus yang tentu saja berbeda 180 derajat dari kehidupan SMA kamu? Mulai dari nggak pakai seragam sampai harus berhadapan sama para senior yang terkadang juteknya minta ampun. Sebagai mahasiswa baru alias maba, kamu harus perhatiin nih hal apa saja yang harus kamu lakukan demi kelancaran hidup kamu di dalam kampus.

1. Kamu harus keliling kampus, untuk tahu tempat-tempat penting di kampus.

Meskipun pada saat ospek sudah diajakin keliling kampus sama panitia ospek kamu harus tetap keliling juga di awal masuk kuliah. Keliling kedua kalinya ini akan meningkatkan ingatan kamu tentang gedung-gedung kampus kamu. Kamu harus tahu gedung mana yang jadi ruang kuliah, gedung laboratorium, gedung administrasi, kantin, musholla atau tempat parkir yang strategis.

2. Coba kenalan dan jalin persahabatan sama seniormu, supaya lebih sejahtera. 

Kenalan dan dekat dengan kakak tingkat dijamin akan membawa banyak keuntungan untukmu. Syukur-syukur bisa jadi gebetan… Kamu bisa gampang fotokopi materi kuliah, tanya-tanya tentang cara menghadapi dosen, sampai tanya tempat hangout yang asyik, bisa juga lho mereka jadi teman main yang menyenangkan.

3. Di hari pertama kuliah, kamu harus tunjukkan sikap yang menawan di depan dosen. 

Di hari pertama kuliah, biasanya pasti dimulai dengan perkenalan. Hal yang nggak boleh kamu lupakan adalah kamu harus memberikan kesan yang terbaik di hadapan dosen kamu. Tentu saja kamu harus sopan dan aktif. Dosenmu pasti akan mengingatmu.

4. Temukan spot wi-fi terbaik dan ternyaman.

Koneksi internet adalah sesuatu yang paling dicari manusia abad 21, termasuk kamu pastinya. Di kampus kamu harus tahu dimana spot terbaik untuk ber-wifi ria. Saat ini kampus-kampus sudah menyediakan wi-fi gratis untuk civitas akademika kampusnya. Internet pasti sangat kamu butuhkan untuk menyelesaikan tugas kuliah kamu nanti.

5. Harus aktif, biar eksis. 

Label mahasiswa tentu berbeda dengan label anak sekolahan. Kalau di sekolah kamu terbiasa terima “jadi” dari guru kamu, kalau di kampus jangan harap. Keaktifan kamu sebagai mahasiswa sangat diperlukan. Kamu juga harus aktif berpartisipasi di kampus, ikut organisasi kampus akan memperluas jaringan pertemananmu dan kamu juga bisa semakin eksis.

6. Miliki teman dekat yang bisa menjadi sahabat kamu dalam kondisi apapun.

Cari teman dekat di kampus yang bisa menjadi sahabat kamu dalam kondisi apapun. Dijamin hidupmu di kampus akan semakin penuh warna dan terasa lebih mudah. Kamu bisa melakukan apapun bersama sahabatmu, belajar bareng sampai main bareng.

7. Hafalin jalur transportasi umum, biar nggak nyasar. 

Buat kamu yang mahasiswa rantau dan nggak punya kendaraan pribadi wajib hukumnya untuk tahu jalur transportasi umum. Sekalian, cari tahu juga jalan alternatif menuju kampus agar supaya nggak telat masuk kelas.

8. Persiapkan buku-buku penunjang kuliah kamu. 

Peran buku belum bisa digantikan. Buku-buku penunjang kuliah tetap harus kamu miliki demi kelancaran kamu dalam menerima materi kuliah.

9. Jangan lupa cari tempat-tempat makan murah dan enak sekitar kampus.

Tempat makan murah dan enak pasti sangat penting bagi mahasiswa. Pastikan kamu tahu tempat-tempat makan yang murah, apalagi di sekitar kampus. Cobain semua makanan di kampus, jadi kamu bisa punya pilihan untuk mengisi perut selama 4 tahun kuliah nantinya. Belajar lancar, urusan perut juga lancar.

10. Ukirlah kenangan terindah sebanyak-banyaknya.

Terakhir, ciptakan kenangan terindah di kampus sebanyak-banyaknya. Ambil kesempatan belajar dan berkreasi sebanyak-banyaknya, dijamin kamu nggak akan rugi. Kenangan semasa di kampus akan menjadi salah satu kenangan terbaikmu dalam hidup.

Selamat berkuliah! (FA)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Alasan Mahasiswa Fresh Graduate Menjadi Incaran Perusahaan

Halo Sahabat FoKus, jika kamu akhir-akhir ini sering merasa khawatir akan kesulitan mencari kerja dan persaingan di dunia kerja setelah...

Close