Mahasiswa Ciptakan Sistem Irigasi Otomatis untuk Bantu Petani

Infokampus.news –  Pertanian di Tanah Air sebagian besar belum dijalankan secara modern. Seperti pada proses irigasi atau pengairan, para petani menggunakan sistem tradisional yang kurang efektif karena membutuhkan banyak tenaga dan waktu dalam pengerjaannya. Melihat persoalan tersebut, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan sistem irigasi secara otomatis sesuai kebutuhan tanaman. Alat tersebut kemudian diberi nama AiRi, dan digunakan di area perkebunan kelapa sawit.

“AiRi merupakan teknologi otomatisasi untuk irigasi pada pembibitan kelapa sawit yang mengombinasikan hardware dan software yang bekerja secara real time,” tutur sang penemu, Andrianto Ansari, dinukil dari laman UGM, Sabtu (7/1/2017).

Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM itu menjelaskan, AiRi dirancang menggunakan sensor nutrisi, sensor lengas tanah, serta sensor iklim mikro berbasis jaringan nirkabel. Sehingga, lanjut dia, kondisi kelembaban tanah, nutrisi, dan iklim di area perkebunan dapat terdeteksi.

“Alat ini juga dilengkapi dengan panel surya sebagai sumber energi dalam pengoperasian sistem irigasi ini. Sistem kerjanya secara otomatis saat tanaman membutuhkan air,” ucapnya.

Dibantu dengan beberapa alumni, AiRi telah diaplikasikan di beberapa tempat, seperti Pusat Penelitian kelapa Sawit (PPKS) Medan dan kebun tembakau PTPN X Klaten. Pada Desember 2016 lalu, inovasi ini telah berhasil memenangkan kompetisi Agribiz Challenge.

“Berbagai pengembangan terus kami lakukan agar alat ini bisa bekerja lebih maksimal dan diproduksi secara massal agar manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat,” tandasnya. (FAM)

 

Sumber: UGM

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dari Pawai Budaya hingga Penampilan Spektakuler Krakatau, Arjuno Fest UB Sukses Hadirkan Pesta Budaya di Tengan Alam Terbuka

Beberapa konten acara sepedti parade budaya, pembacaan puisi, orasi pawai budaya, serta penampilan yang memukau dari Krakatau Reunion

Close