Mahasiswa FT UB Ciptakan Lotion Berbahan Kulit Buah

Infokampus.news – Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) terus berinovasi dengan karya-karya yang dihasilkan. Kali ini, Tim Azala Skin Care yang fokus pada pengembangan produk-produk perawatan kulit berinovasi dengan produk baru berupa sabun mandi dan lotion yang terbuat dari gabungan ekstrak kulit buah manggis, pisang, dan buah naga.

Para mahasiswa penemu produk lotion dan sabun mandi berbahan kulit buah tersebut tergabung dalam Tim Azala Skin Care, dan meraih medali emas di ajang World Invention Creativity Contest (WICC) 2016 yang diseleggarakan oleh Korea University Invention Association (KUIA) di Seoul Trade Exhibition & Convention (SETEC), Korea Selatan, belum lama ini.

Pada kompetisi yang diikuti oleh 20 negara tersebut, Tim Azala Skin Care tidak hanya diganjar medali emas oleh WICC, mereka juga mendapatkan Special Award dari International Engineering Invention & Innovation Exhibition (I-ENVEX) Malaysia.

Baca Juga:

“Kenapa kami menggunakan buah tersebut? Karena kandungannya yang kaya akan senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker kulit. Produk kami juga bisa menyamarkan bekas luka dan tentu saja melembabkan kulit,” kata Sofia.

Mahasiswi asli Sidoarjo tersebut menuturkan, inovasi Azala Skin Care dari produk sebelumnya terletak pada penggunaan campurannya yang terdiri dari satu macam buah dan produk baru berupa sabun. Menurutnya, sabun merupakan produk yang pemakaiannya lebih sering digunakan jika dibandingkan dengan lotion, dan lotion sebagai pelindung tambahan pada kulit.

“Kami berinisiatif mendapatkan bahan-bahan untuk produk kami dengan memanfaatkan limbah buah-buahan dari beberapa toko salah satunya toko jus buah,” katanya.

Mahasiswa angkatan 2013 tersebut menjelaskan, untuk 1 kilogram masing-masing buah bisa menjadi empat botol lotion kemasan 100 mililiter dan 6 bungkus sabun ukuran 20 gram.

Cara pembuatannya, harus dibuat terlebih dahulu ekstrak dari masing-masing kulit buah dengan pelarut metanol. Untuk pembuatan lotion, dibagi menjadi dua fase yakni fase air dan minyak.

Sedangkan untuk pembuatan sabun, ekstrak kulit buah tersebut dan lemon di tambahkan ke dalam fase minyak yang terdiri dari VCO, minyak zaitun, dan minyak jarak. Bahan-bahan yang digunakan ini juga merupakan produk lokal Indonesia.

Produk Azala Skin Care dijual dengan harga Rp. 15 ribu untuk lotion dan  Rp. 5 ribu untuk sabun.

“Kami mengucapkan terimakasih atas doa dukungan serta bantuannya dari Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, dan Ikatan Orang Tua Mahasiswa,” ungkapnya.

Sebelumnya, Tim Azala Skin Care juga pernah mendapatkan penghargaan pada 27th Asian Young Inventors Exhibition (AYIE) 2016 di Malaysia beberapa waktu lalu dengan produk lotion anti kanker dari ekstrak kulit manggis. (FA)

 

Sumber: Okezone

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Danone Membuka Lowongan Pekerjaan, Yuk Lamar Sekarang!

Danone membuka lowongan Indonesia adalah perusahaan dengan misi untuk menyehatkan masyarakat Indonesia di segala lapisan dan semua umur

Close