Mahasiswa Ilmu Komunikasi BINUS Malang Sulut Api Semangat Siswa MTs Dzunnuroin

INFOKAMPUS.NEWS – Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi ITK Binus Malang kembali beraksi. Setelah sukses melakukan aksi peduli lingkungan di Pantai Goa Cina pada bulan Juni lalu, kali ini mereka kembali dengan melakukan kegiatan lain yang bertemakan “Aku Baca, Aku Pintar. Aku Bersih, Aku Sehat”. Aksi sosial yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi ITK Binus Malang atau yang biasa disebut Communication Students Association (CSA) ini sukses dilaksanakan pada Sabtu (28/9) lalu, tepatnya di MTs Dzunnuroin. Sesuai temanya, lewat kegiatan ini CSA ingin membangkitkan semangat para siswa di MTs tersebut dengan ketersediaan literasi dan lingkungan sekolah yang lebih memadai.

Tiga tahun lalu, Central Connecticut State University (CCSU) merilis peringkat literasi negara-negara di dunia. Hasilnya cukup mengejutkan, karena Indonesia berada di posisi 60 dari 61 negara yang disurvei. Data inilah yang pada akhirnya menginspirasi CSA untuk mengadakan kegiatan sosial yang lebih menitikberatkan soal minat baca anak Indonesia. Namun, karena tidak ingin hanya sekadar mengadakan acara menyumbang buku, himpunan mahasiswa ini sekaligus ingin menciptakan suasana yang nyaman untuk belajar bagi siswa di MTs Dzunnuroin.

Baca Juga :  Awarding Night: Tutup Pekan Sinemasi 2.0

Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan di sekolah tersebut selain menyumbang buku untuk menambah koleksi buku pelajaran di perpustakaan mereka. Seperti membersihkan area sekolah, menghias kelas-kelas tempat para siswa belajar, merapikan ruang perustakaan dan UKS, sampai menanam bibit tanaman di sekitar ruang kelas. Menurut M. Didan Al-Hadad, ketua panitia kegiatan yang diberi nama CSA4Society ini, sebenarnya kegiatan ini tidak hanya untuk meningkatkan minat baca siswa MTs tersebut saja. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keinginan belajar para siswa dengan diciptakannya suasana sekolah yang nyaman. Agar anak-anak itu lebih semangat untuk datang ke sekolah, khususnya ke perpustakaan,” kata Didan.

Berkat kerja keras dan dedikasi yang kuat, aksi sosial ini pun dapat berjalan dengan lancar. Kesuksesan terlaksananya kegiatan ini tentu tidak lepas dari dukungan pihak sekolah MTs Dzunnuroin, baik kepala sekolah maupun para guru yang turut menyambut dan mendampingi jalannya kegiatan ini. Didan pun berharap, aksi yang dilakukan timnya ini mampu membawa pengaruh positif bagi kegiatan belajar-mengajar di sekolah tersebut. “Semoga apa yang kami lakukan dapat menyulut api semangat para siswa untuk lebih semangat dalam belajar dan membaca, sehingga mereka dapat memiliki masa depan yang cerah,” jelasnya. “Kami ingin buat mereka semakin menyala. Jangan sampai harapannya padam,” tutupnya. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *