Mahasiswa Ini Alumnus ‘Ekstensi’ UI dan Cumlaude!

Infokampus.news – Universitas Indonesia atau UI patut berbangga, pasalnya, begitu banyak lulusan berbakat dan juga jenius menuntut ilmu di kampus ini. Salah satunya adalah Richard Henokh Kurniawan yang merupakan mahasiswa yang lulus cepat dan juga cumlaude.

Setelah resmi menjadi mahasiswa UI pada tahun 2013 silam, Rischard Henokh Kurniawan kini sudah menjadi alumnus Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI). Pria yang berusia 20 tahun ini hanya membutuhkan tiga tahun untuk menyelesaikan studinya. Bahkan, dia berhasil meraih predikat cumlaude dengan IPK 3,83.

Manajemen Waktu Adalah Yang Terpenting

Richard menceritakan pada media, kunci keberhasilannya terletak pada manajemen diri dan waktu. Ia mengaku setiap paginya bangun lebih awal untuk melakukan kegiatan fisik.

“Selama di UI sering kali saya lari pagi pada pukul lima atau enam. Tidak hanya memotivasi untuk bisa bangun pagi, lari pagi juga memberikan rasa semangat dan percaya diri,” tuturnya dilansir dari laman UI, Senin (29/8/2016) silam.

Baca Juga :

Disamping itu kepercayaannya pada pembagian waktu yang baik, terbukti, dia juga mampu aktif dalam kegiatan-kegiatan non-akademis. Richard tercatat sebagai ketua angkatan yang mengoordinir acara angkatan setiap semester, hingga membentuk band Anticode Sophomore yang rutin tampil di acara-acara besar UI.

Meniru Sang Ayah

“Yang menjadi motivasi terbesar adalah prestasi yang dibuat oleh ayah. Beliau dulu juga merupakan lulusan tercepat pada masa itu, yaitu empat tahun tiga bulan, ketika umumnya teman-temannya lulus lima sampai tujuh tahun,” ucapnya.

Di sela-sela waktunya yang cukup padat, Richard menyempatkan diri mengulang pelajaran yang diterimanya selama di kelas, pada pukul 19.00 sampai 21.00 malam dan selanjutnya pada pukul 22.00 atau 23.00, dia mengusahakan diri untuk tidur, agar bisa bangun pagi keesokan harinya.

Dengan prestasi sebagai sarjana yang lulus tercepat berpredikat cumlaude, kini Richard sudah diterima di Renmin University of China di Beijing untuk melanjutkan S-2. Pria yang bercita-cita menjadi profesional di bidang teknologi informasi dan membangun sebuah perusahaan itu memperoleh beasiswa dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) di jurusan Administrasi Bisnis. (ir)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UGM Menjadi Tuan Rumah Global RCE Conference

Tahun ini, UGM menjadi tuan rumah Global RCE Conference ke-10 yang akan diadakan pada tanggal 22-25 November mendatang.

Close