Mahasiswa Ini Ciptakan Alat Canggih Cegah Boros Listrik!

Infokampus.news – Lupa mematikan listrik rumah, itulah kebiasaan masyarakat yang sudah tidak asing lagi dijumpai. Sayangnya, mereka terkadang tidak menganggap penting kebiasaan buruk ini. Padahal ini akan menyebabkan pemborosan daya arus listrik yang mengakibatkan melonjaknya biaya pengeluaran untuk pembayaran listrik.

Sebagai warga yang ada di tengah-tengah masyarakat seperti itu, mahasiswa dari Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) turut memberikan solusi dengan menciptakan sistem monitoring dan pengendali peralatan listrik di rumah dari jarak jauh. Sistem yang canggih dan praktis ini memanfaatkan metode SMS dan website untuk mengendalikan listrik di rumah.

Baca Juga:

Cara kerja alat ini sendiri dilakukan secara jarak jauh. Pengguna tinggal menekan tombol on atau off yang dapat diakses melalui laman http://http://www.geeknesia.com/ sesuai peralatan listrik yang ingin dikendalikan atau dengan mengirimkan pesan singkat (SMS) sesuai kode peralatan listrik yang juga ingin dikendalikan.

Selain mudah dan praktis untuk mengendalikan listrik di rumah, alat ini juga mendukung program pemerintah untuk hemat energi. Alat ini dapat memantau dan mengendalikan 11 peralatan listrik secara real time.

Menurut Tiara, timnya sengaja memilih metode pengendalian melalui laman dan SMS. Pasalnya, masyarakat desa belum tentu terjangkau oleh internet.

“Kami berharap alat ini selain dapat membantu masyarakat untuk melakukan penghematan biaya listrik juga bisa menjadi solusi dari masalah kurang meratanya distribusi listrik di Indonesia,” ucapnya. (FA)

 

Sumber: Okezone

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontingen PIMNAS dapat Bonus Bebas Skripsi dari Dekanat Fapet UB

Jajaran Dekanat Fakultas Peternakan UB memberikan bonus bebas skripsi kepada kontingen Fapet yang berhasil meraih medali di ajang PIMNAS

Close